Pemusatan latihan atlet dayung Agam di Danau Maninjau

id Danau Maninjau,Latihan Atlet Dayung Agam,KONI Agam,Porprov Sumbar

Pemusatan latihan atlet dayung Agam di Danau Maninjau

Danau Maninjau. (Antara Sumbar/Yusrizal)

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Sebanyak 30 atlet dayung Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mengikuti pemusatan latihan di Danau Maninjau menjelang pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) di Padang Pariaman pada 16 November 2018.

Ketua Harian Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Agam, Muhammad Hadi di Lubukbasung, Sabtu, mengatakan, ke 30 atlet ini mengikuti pemusatan latihan di Danau Maninjau semenjak 15 Oktober sampai beberapa hari menjelang berangkat ke Padang Pariaman.

"Para atlet ini setiap hari mengikuti latihan dimulai pukul 07.00 sampai 16.00 WIB," katanya.

Pemusatan latihan itu diikuti oleh atlet hasil seleksi yang dilakukan beberapa bulan lalu.

Selain itu, mereka ini juga atlet yang sering membela Agam saat kejuaraan nasional.

Dengan cara itu, ia berharap atlet dayung bisa meraih enam dari 35 mendali emas yang akan diperebutkan nantinya.

"Target ini sesuai dengan perolehan medali saat Porprov di Padang pada 2016 dengan meraih enam medali emas, 11 medali perak dan tiga medali perunggu," katanya.

Tokoh masyarakat Agam, Ismunandi Sofyan berharap perolehan medali ini akan melebihi target nantinya atau sekitar 70 persen dari jumlah medali emas.

"Mudah-mudahan prestasi itu akan tercapai nantinya karena Agam merupakan gudang atlet dayung," kata Anggota DPRD Provinsi Sumbar ini.

Kedepan, pihaknya berharap PT PLTA Maninjau menyumbangkan dana CSR untuk pengadaan peralatan atlet dayung di daerah itu mengingat dana APBD sangat terbatas untuk pengadaan peralatan.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Agam, Zarfinus Makmur menambahkan, seluruh atlet dari 32 cabang olahraga yang akan mengikuti Porprov di Padang Pariaman, sedang melakukan pemusatan latihan.

Pemusatan latihan itu dalam rangka untuk menambah kemampuan dari para atlet dan lainnya.

Dengan cara itu perolehan medali kontingen Agam pada Porprov XV ini meningkat pada Porprov sebelumnya.

Pada Porprov di Padang pada 2016, katanya, meraih peringkat tiga besar setelah tuan rumah dan Bukittinggi.

Pada Porprov di Padang, Agam memperoleh medali emas 54 keping, perak 50 keping dan perunggu 58 keping.

Ke 54 medali emas berasal dari angkat berat sebanyak 25 keping, dayung enam keping, pencak silat lima keping, atletik empat keping, gulat tiga keping, tenis meja tiga keping, tarung derajat tiga keping, taekondo dua keping, paralayang satu keping, karate satu keping dan bridge satu keping. (*)