Sandiaga yakinkan pengungsi ekonomi Sulteng dibangun kembali pascagempa

id sandiaga uno

Sandiaga yakinkan pengungsi ekonomi Sulteng dibangun kembali pascagempa

Sandiaga Uno. (Antara)

Jakarta, (Antaranews Sumbar) - Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Salahudin Uno mengunjungi pengungsian di Donggala Kodi, Palu Barat, Sulawesi Tengah, Jumat.

Dirinya meyakinkan para pengungsi bahwa ekonomi di Sulteng dibangun kembali pascagempa dan tsunami serta likuifaksi yang melanda tiga daerah di Sulawesi Tengah.

Meski sudah sebulan lebih gempa, tsunami dan likuifaksi berlalu, duka dan trauma masih terlihat di wajah-wajah masyarakat Palu.

"Solidaritas antarwarga menjadi sangat penting dikuatkan. Kita harus mencari solusi bersama. Membangun kembali kehidupan. Ekonomi, lapangan kerja, dan berusaha agar kebutuhan hidup kebutuhan pokok dapat kembali dipenuhi,¿ kata Sandiaga dalam keterangan tertulisnya diterima di Jakarta.

Dia juga berharap pemerintah daerah dan pemerintah pusat, setelah tanggap darurat kemanusiaan selesai, tahap pertama adalah harus mengupayakan pemukiman sementara yang layak huni, agar korban dan keluarganya dapat membangun kembali kehidupan.

"Sesudah itu fokus diarahkan pada pembangunan kembali sarana dan prasarana yang lebih permanen," katanya.

Dia menambahkan bahwa dalam keadaan apapun, penguatan ekonomi harus menjadi prioritas.

Keluarga korban harus kembali mendapatkan penghasilan dan memperoleh pekerjaaan.

"Agar dapat memenuhi hajat hidupnya. Bila ekonomi terjaga maka Insya Allah pendidikan dan kesehatan mereka juga dapat terjaga, ekonomi Sulteng harus dibangun kembali agar lebih kuat,¿ kata Sandiaga. (*)