Wabup Solok Selatan minta nagari jadikan rakor sebagai evaluasi perencanaan

id rakor Wali Nagari

Wabup Solok Selatan minta nagari jadikan rakor sebagai evaluasi perencanaan

Wakil Bupati Solok Selatan Abdul Rahman foto bersama dengan Kepala BPJS kesehatan Cabang Solok dan Kepala Dinas Sosial dan PMD setempat beserta Camat saat rakor Wali Nagari. (Antara Sumbar/Erik IA)

Padang Aro, (Antaranews Sumbar) - Wakil Bupati Solok Selatan, Sumatera Barat, Abdul Rahman meminta pemerintahan nagari menjadikan rapat koordinasi triwulan IV sebagai evaluasi menyusun rencana 2019 serta sinkronisasi antara program kabupaten dan nagari.

"Keberhasilan program ditentukan ketepatan perencanaannya, oleh sebab itu kegiatan ini bisa dijadikan ajang evaluasi agar tahun depan semakin bagus lagi," katanya saat pembukaan Rakor Wali Nagari di Solok Selatan dan sosialisasi JKN KIS, di Aula Sarantau Sasurambi, di Padang Aro, Kamis.

Dia mengatakan, penetapan Anggaran Pendapatan Belanja (APB) Nagari harus tepat waktu dan untuk itu dibutuhkan koordinasi yang bagus antara Wali Nagari dan Banmus.

"Penetapan APB Nagari sudah harus dulaksanakn pada Oktober dan kalau tidak bisa selambat-lambatnya di akhir tahun sehingga saat 2019 tinggal pelaksanaan," katanya.

Selama ini katanya, dana desa masih banyak untuk infrastruktur dan pimerintah daerah mendoring alokasinya pada 2019 diprioritaskan untuk membuat program peningkatan ekonomi masyarakat.

Pemerintah daerah melalui APBD juga sudah fokus ke infrastruktur jadi Nagari bisa memanfaatkan dana desa ke peningkatan ekonomi masyarakat.

Selain itu katanya, karena saat ini Solok Selatan fokus pembangunan pariwisata untuk peningkatan ekonomi masyarakat maka Nagari bisa menggali potensi wisata didaerahnya.

"Kami menargetkan tiap Nagari memiliki satu destinasi wisata sehingga wisatawan memiliki alternaif kunjungan dan bisa lama di Solok Selatan," ujarnya.

Kepala Bidang Pemerintahan Nagari Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa/Nagari Ali Afrionel mengatakan, sampai saat ini belum ada Nagari yang menetapkan APB Nagari 2019.

"Nagari saat ini sedang fokus pembahasan APB perubahan sehingga belum ada yang menetapkan APB 2019," katanya. (*)