Pemko Padang segera tetapkan tanda tangan digital

id tanda tangan digital, pemko padang

Pemko Padang segera tetapkan tanda tangan digital

Wali Kota Padang Mahyeldi pada pada Sosialisasi Pemanfaatan Sertifikat Elektronik pada Tanda Tangan Digital di lingkup Pemkot Padang di Padang, Selasa (30/10). (Antara Sumbar/humas)

Padang, 30/10 (Antara)- Pemerintah Kota Padang segera menerapkan tanda tangan digital dalam surat menyurat di lingkungan organisasi perangkat daerah untuk memudahkan dan mempercepat pelayanan birokrasi.

" Ini sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja tata kelola urusan persandian yang digagas Dinas Kominfo Padang," kata Wali Kota Padang Mahyeldi di Padang, Selasa pada Sosialisasi Pemanfaatan Sertifikat Elektronik pada Tanda Tangan Digital di lingkup Pemko Padang.

Menurutnya pemanfaatan teknologi menjadi salah satu aspek yang perlu diakomodasi sehingga meningkatkan, mempercepat dan mengurangi pembiayaan karena dapat dilakukan di mana saja oleh pejabat bersangkutan.

"Dengan demikian akan menghemat biaya negara, menghemat penggunaan kertas, waktu dan lainnya sehingga dapat meningkatkan profesionalisme dalam tata kelola pemerintahan," kata dia.

Ia menyampaikan Kota Padang saat ini sedang menuju penerapan konsep kota pintar yang salah satunya penerapan "smart government".

Sementara Kepala Dinas Kominfo Kota Padang Suardi menyampaikan dalam pemanfaatan tanda tangan digital di lingkup Pemko Padang pihaknya melakukan perjanjian kerjasama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN.

"Saat ini hanya Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) yang baru memanfaatkan sertifikat elektronik pada penandatanganan dokumen layanan perijinan. Ke depan secara bertahap semoga juga dapat dilakukan oleh semua OPD," katanya.

Suardi mengatakan, dengan penerapan sertifikat elektronik pada tanda tangan digital bertujuan agar pelayanan pemko kepada masyarakat akan lebih efisien, cepat dan mudah serta mempermudah dalam pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan terutama berkaitan dengan pelayanan publik.

***2***