Ribuan peserta ikuti Sepeda Nusantara dan Internasional Gowes Siti Nurbaya Adventure II

id sepeda nusantara

Ribuan peserta ikuti Sepeda Nusantara dan Internasional Gowes Siti Nurbaya Adventure II

Wali Kota Padang pada kegiatan Sepeda Nusantara dan Internasional Gowes Siti Nurbaya Adventure II di Padang, Minggu 28/10). (Antara Sumbar/humas)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Sekitar 8.000 peserta mengikuti even bersepeda akbar bertajuk Sepeda Nusantara dan Internasional Gowes Siti Nurbaya Adventure II di Padang, Minggu.

Kegiatan yang diikuti dibuka secara resmi Deputi Kemenpora Herman Chaniago bersama Wali Kota Padang MahyeldiKepala Dispora Padang Azwin. Anggota DPR RI Endre Saifoel dengan mengusung tema "Sports and Halal Tourism Are Lifestyle".

Deputi Kemenpora Herman Chaniago menyampaikan, pihaknya selalu mendukung penuh aktivitas olahraga yang dilakukan masyarakat.

"Kegiatan ini juga sejalan dengan harapan Presiden, pada 2019 akan dijadikan tahun investasi di bidang sumber daya manusia (SDM). Oleh karena itu dibutuhkan manusia-manusia yang sehat, bugar dan produktif. Upaya ini harus kita lakukan bersama dalam rangka menyiapkan itu semua," ujarnya.

Ia menyampaikan kegiatan seperti Sepeda Nusantara dan Internasional Gowes Siti Nurbaya Adventure ini adalah bahagian dari pengembangan pariwisata dan industri olahraga.

"Jadi tinggal bagaimana mengemas kegiatan ini agar semakin baik sama halnya seperti Tour de Singkarak dan kegiatan berskala internasional lainnya. Insyaallah, kita di Kemenpora akan terus mendukungnya, sehingga Kota Padang mendapatkan dampak positifnya," kata dia.

Sementara itu Wali kota Padang Mahyeldi menyampaikan, apresiasi kepada panitia pelaksana, semua pihak sponsor yang mendukung terutama dari Kemenpora yang telah mendukung kegiatan ini.

"Alhamdulillah, tahun ini antusiasme peserta meningkat, sesuai laporan panitia diikuti lebih kurang 8.000 orang peserta. Insya Allah, untuk tahun depan tetap kita laksanakan kegiatan Sepeda Nusantara dan Internasional Gowes Siti Nurbaya Adventure ini," kata dia.

Mahyeldi mengharapkan warga menggerakkan kelompok-kelompok bersepeda di Kota Padang dimulai dari tingkat RT, RW atau komplek perumahan.

"Alhamdulillah semangat berolahraga warga Kota Padang sudah luar biasa. Sehingga alhamdulillah, tingkat kesehatan warga juga menjadi lebih baik lagi," katanya.

Kegiatan ini mengambil rute star di depan gerbang Komplek GOR Agus Salim kemudian melewati Jalan Raden Saleh-Lolong, Muarolasak-Berok Nipah-Jembatan Siti Nurbaya-Gunung Padang-depan Lantamal-jl. Sutan Syahrir-jl. Sudirman dan finish di tempat semula.