Gusmal : Duta Budaya Pelopor Generasi muda jauhi hal negatif

id Bupati

Bupati Solok, Gusmal menyerahkan hadiah dan berfoto bersama dengan duta budaya terpilih (Istimewa)

Arosuka, (Antaranews Sumbar ) - Bupati Solok, Sumatera Barat, Gusmal mengharapkan duta budaya yang terpilih menjadi pelopor generasi muda dalam menjauhi hal-hal negatif seperti narkotika, kenakalan remaja, minuman keras, Lesbian Gay Biseksual Transgender (LGBT) dan lainnya sehingga menjadi generasi emas.

"Duta Budaya nantinya harus mampu menjadi pelopor dalam membentengi generasi muda dari berbagai bentuk pengaruh negatif seperti narkotika, LGBT, kenakalan remaja, penyimpangan sosial dan lainnya," kata Bupati Solok, Gusmal di Arosuka, Jumat malam.

Menurutnya, duta budaya tidak hanya harus menyebarkan dan mengenalkan kebudayaan daerah, tapi juga menjadi teladan yang baik bagi generasi muda lainnya.

Duta budaya diharapkan menjadi teladan generasi dari berbagai aspek, melestarikan semua jenis budaya yang dimiliki, agar tetap terjaga sampai generasi-generasi yang akan datang.

Sebab, Kebudayaan menyangkut kehidupan manusia sebagai makhluk sosial.

"Tetap lakukan budaya-budaya yang selama ini sudah ada sebagai tradisi di daerah kita," katanya.

Ia berharap semua orang dapat merasakan kontribusi positif dari keberadaan penyandang gelar duta budaya atau Rang Mudo dan Puti Bungsu Duta Budaya setempat, terutama dalam hal pelestarian budaya dan pembangunan mental generasi muda.

Sementara Kepala dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok, Yandra, mengatakan

Pemilihan duta budaya tersebut bertujuan untuk tetap menjaga, melestarikan dan mempromosikan kebudayaan yang ada agar tetap dikenal oleh masyarakat luas.

Pemilihan diikuti oleh 21 orang finalis (11 uni dan 10 uda) yang merupakan perwakilan dari kecamatan yang ada di daerah setempat.

"Kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk untuk menjawab tantangan menteri pendidikan dan kebudayaan yang merupakan implementasi UU No.5 Tahun 2017," katanya.

Pemenang Rang Mudo jo Puti Bungsu Duta Budaya setempat Fitra dari Kecamatan Hiliran Gumanti dan Pricillia, Kecamatan Bukit Sundi.

Duta budaya dua Roni Andika dan Dinda Kusuma dari Kecamatan Kubung. Duta budaya juara tiga Febi Arianto dari Kecamatan Lembang Jaya dan Sri Devi, Kecamatan Danau kembar.

Acara juga dihadir asisten dan Staf Ahli Bupati, Kepala OPD di Lingkup Pemerintah, Camat setempat, Duta Wisata Budaya Kabupaten Solok Yen Rustam.*
Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar