Pemkab Solok rayakan satu dekade Tour de Singkarak

id Tds

Ribuan Masyarakat Padang Panjang memadati lokasi finish di depan Markas Secata B Rindam I Bukit Barisan yang datang menanti pebalap TdS. (ANTARA SUMBAR/Zulham Beni K)

Arosuka, (Antaranews Sumbar ) - Pemerintah Kabupaten Solok, Sumatera Barat merayakan satu dekade pelaksanaan Tour de Singkarak (TdS) dengan menggelar serangkaian even pada tiga kawasan prioritas Dermaga Singkarak, Arosuka dan Alahan Panjang Resort untuk memeriahkan TdS 2018.

"Rangkaian itu meliputi Funbike dan KIM di Dermaga Singkarak - Saniang Baka, kemudian eksebisi senam massal dengan jingle TdS di Arosuka, sertaLomba lari Lima Danau 10K di Alahan Panjang Resort," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Solok Yandra di Arosuka, Sabtu.

Guna mendukung kemeriahan kegiatan, pihaknya menyediakan berbagai hadiah dan doorprize menarik dengan total Rp 38 juta rupiah. Peserta terbuka untuk umum dan pelajar secara gratis.

"Pendaftaran sudah dibuka tanggal 22 sampai 29 oktober 2018 langsung ke Dinas pariwisata di Arosuka," ujarnya.

Seluruh komponen yang terikat dalam kepanitiaan, berkomitmen mensukseskan rangkaian pelaksanaan TdS 2018 nanti. Dengan membangun komitmen itu,diyakini target sukses pelaksanaan satu dekade TdS di daerah setempat akan memberi dampak luas kepada daerah dan masyarakat setempat.

Kesepakatan itu terungkap dalam rapat gabungan persiapan pelaksanaan TdS 2018 yang dipimpin Bupati Solok Gusmal di gedung Solok Nan Indah Arosuka beberapa waktu yang lalu.

Kendati tanpa moment star grand opening, menurut Bupati Solok Gusmal, wilayah Kabupaten Solokdijadwalkan akan menjadi jalur dan dilewati oleh tigaetape, yaitu etape III, etape VI, dan etape VII.

Khusus pada etape IIIyang akan digelar padaSelasa, 6 November 2018, start dimulai di Pesanggrahan Singkarak sekira pukul 09.00 WIB. Pada etape III ini pebalab akan berpacu padalintasan sepanjang 150,4 Km.

Sekretaris Daerah Kabupaten Solok, Aswirman sebagai ketua pelaksana mengatakan dari Singkarak, ratusan pebalab akan mengelilingi danau Singkarak dua kali putaran.

Atlet sepeda akan menempuh daerah Sumani lalu keSaniang Baka, Muaro Pingai, Paninggahan ke Sumpur, Batipuh, Ombilin, Kacang,Tikalak, Singkarak, Sumani, Saniang Baka, Muaro Pingai, Paninggahan, Sumpur, Batipuh, Ombilin, Batusangkar, Istana Pagaruyung.

Selanjutnya, etape VI dengan panjang lintasan 105 km pada Jumat, 9 November 2018, titik start TdS berada di Kota Solok. Sekira pukul 14.00 WIB, pebalab menuju Tanjung Bingkuang, Sumani, Tikalak, Kacang, Ombilin, Batusangkar dan finish di Payakumbuh.

Kemudian etape VII pada Sabtu, 10 November 2018, dengan panjang lintasan 194,4 km, start lintasan dimulai dari Padang Panjang menuju Padang Aro Kabupaten Solok Selatan.

Pada etape ini pebalab yang berpacu pukul 09.00 WIB menempuh jalur ekstrim ke Batipuh, Ombilin lalu Kacang, Tikalak, Singkarak, Sumani, Tanjung Bingkuang, Kota Solok, Muaro Paneh, Koto Anau, Bukik Sileh, Simpang Tanjung Nan IV, Alahan Panjang, Aie Dingin, Lolo, Surian, Muaro Labuah berakhir di Padang Aro.

Sementara, untuk rute etape Idimulaidengan grand opening di Bukittinggi dan finish di Sijunjung. Etape II menjajal rute Sawahlunto - Dharmasraya, etape IV start Padang dan finish di Agam, etape V dari Limo Puluah Kota dan berakhir di Pasaman, serta etape terakhir VIII start di Pesisir Selatan dan finish di Kota Pariaman.*
Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar