MAN 5 Agam miliki pustaka mini di setiap kelas

id Agam

MAN 5 Agam miliki pustaka mini di setiap kelas

Kepala MAN 5 Agam, Isrizal berada di salah satu pustaka mini milik siswa, Sabtu (27/10). (Yusrizal)

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Madrasah Aliyah Negeri 5 Kabupaten Agam, Sumatera Barat, memiliki pustaka mini di setiap lokal guna meningkatkan minat baca siswa di sekolah itu.

Kepala MAN 5 Agam, Isrizal didampingi Wakil Kepala Bagian Humas, Usna Desi di Lubukbasung mengatakan pustaka mini ini dibuat oleh siswa sejak enam bulan yang lalu, setiap pustaka memiliki koleksi buku sekitar 20 hingga 30 eksemplar.

"Koleksi buku itu merupakan sumbangan masing-masing siswa ada buku bacaan, majalaj, dan lainnya. Setiap bulan buku itu diganti mereka," katanya.

Desain pustaka mini itu berbeda setiap lokal sesuai dengan keinginan siswa tersebut. Pembentukan pustaka mini ini dalam rangka untuk meningkatkan minat baca dari siswa, sehingga akan melahirkan generasi yang intelektual.

"Ini harapan kita dalam membentuk pustaka mini itu," tegasnya.

Selain pustaka mini, tambahnya, siswa juga membuat pojok indah dan pojok literasi. Inovasi ini dibuat dalam rangka penilaian akreditasi sekolah, karena ini merupakan salah satu syarat penilai akreditasi dan engan cara itu, MAN 5 Agam mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional (BAN).

"Sebelumnya kita hanya memiliki akreditasi B," katanya.

Ketua Komisi IV Bidang Pendidikan dan Kesra DPRD Agam, Irfan Amran mendukung inovasi yang dilahirkan pihak sekolah.

Namun pihaknya berharap sekolah yang lain membentuk inovasi tersebut dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di sekolah itu.

"Lakukan berbagai inovasi agar mutu pendidikan akan lebih baik," katanya.