Hujan deras akibatkan banjir dan longsor di Kecamatan Danau Kembar Solok

id Longsor Kampung dalam

Hujan deras menyebabkan tebing jalan longsor di Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok. (ist)

Arosuka, (Antaranews Sumbar) - Hujan deras yang mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Solok, Sumatera Barat sejak Kamis siang (25/10) hingga sore, menyebabkan banjir dan tanah longsor di Nagari Kampung Batu Dalam, Kecamatan Danau Kembar, daerah setempat.

"Hujan deras mulai mengguyur sekitar pukul 14.30 WIB hingga menjelang Ashar, akibatnya sungai yang berada di kawasan Timbulun dan Garubuek tak mampu menampung debit air sehingga meluap ke jalan dan permukiman masyarakat," kata Wali Nagari Kampuang Batu Dalam, Israrhadi saat dihubungi pada Kamis malam (25/10).

Meluapnya sungai itu membuat beberapa rumah warga tergenang air bercampur tanah, namun tidak tinggi. Luapan air juga dilaporkan ikut merusak sejumlah areal pertanian milik warga.

Ia mengatakan hujan deras juga menyebabkan longsor di sejumlah tebing jalan. Akibatnya arus lalu lintas sempat putus akibat longsoran tanah.

"Tapi sekarang jalan itu sudah bisa dilalui setelah warga bersama aparat TNI-Polri membersihkan material longsor sehingga jalan yang putus cepat bisa dilewati kendaraan," ujarnya.

Ia menyebutkan titik longsor itu menyebar di sepanjang jalan dari kawasan Air Tawa sampai ke kawasan Koto Ranah, Nagari Kampuang Batu Dalam.

Hingga kini pihaknya belum menerima laporan adanya korban jiwa akibat kejadian banjir dan tanah longsor tersebut.

Pihaknya juga belum bisa memastikan jumlah areal pertanian yang rusak akibat banjir.

Sementara masyarakat juga telah membersihkan rumah mereka dari sisa lumpur yang terbawa banjir. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar