Profesionalisme pengelola angkutan umum dukung pengembangan pariwisata

id nasrul abit

Profesionalisme pengelola angkutan umum dukung pengembangan pariwisata

Wagub Nasrul Abit memberi arahan pada pelantikan pengurus forum DAS Sumbar (Ist) (Ist/)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menyebut profesionalitas pengelola jasa angkutan umum sangat penting dalam pengembangan sektor pariwisata, karena itu harus menjadi salah satu perhatian serius pemerintah daerah.

"Pembinaan harus dilakukan bagi pelaku jasa transportasi ini agar bisa lebih profesional dalam memberikan pelayanan pada masyarakat dan wisatawan," katanya usai menghadiri acara pembinaan angkutan umum di Padang, Senin.

Profesionalitas itu saat ini masih menjadi salah satu kendala di Sumbar, karena sebagian pengusaha angkutan masih ada yang berfikir mencari keuntungan sesaat tanpa memikirkan dampak bagi pariwisata.

Bahkan pelaku usaha pariwisata dari luar daerah masih ada yang mengeluhkan sewa angkutan pariwisata yang tiba-tiba dinaikkan oleh pengusaha, padahal sebelumnya sudah ada kesepakatan harga.

Praktik main pakuak atau menaikkan harga sangat tinggi di luar kewajaran itu sangat merugikan citra pariwisata daerah hingga wisatawan jadi enggan untuk datang.

"Hal seperti ini jangan terjadi di Sumbar. Dinas Perhubungan setempat harus melakukan upaya antisipasi agar praktik itu tidak sampai merusak pariwisata daerah," katanya.

Selain itu, kondisi angkutan harus benar-benar laik jalan agar pelayanan yang diberikan bisa maksimal dan tidak ada masyarakat yang kecewa karena agenda terganggu akibat angkutan mengalami rusak mesin di jalan.

Kelaikan itu juga berhubungan langsung dengan keamanan perjalanan masyarakat yang menggunakan jasa transportasi umum tersebut.

Hal yang sama juga berlaku untuk pedagang kuliner, terutama yang berjualan di destinasi wisata.

Citra jelek yang dirasakan oleh wisatawan akan meluas dari mulut ke mulut atau lebih parah lagi melalui media sosial sehingga kunjungan wisata terganggu.

Kepala Dinas Perhubungan Sumbar Heri Nofiardi mengatakan pihaknya terus melakukan pembinaan terhadap pemilik usaha transportasi di daerah itu.

"Transportasi umum merupakan salah satu penggerak utama perekonomian daerah karena itu dituntut untuk bisa memberikan pelayanan maksimal pada masyarakat. Itu yang tetap kita upayakan," katanya.

Ia menyebut pembinaan terhadap pelaku jasa transportasi terus dilakukan Dinas Perhubungan untuk meningkatkan profesionalitas angkutan darat. (*)