Pariwisata - Jalan di Agam siap dilintasi pembalap TdS

id Tour de Singkarak 2018,Kelok 44

Pariwisata - Jalan di Agam siap dilintasi pembalap TdS

Sejumlah pebalap sepeda beradu kecepatan di jalan mendaki pada Etape IV Tour de Singkarak (TDS) 2012 di kawasan Kelok 44, Agam, Sumatera Barat, Kamis (7/6). (FOTO ANTARA/Ismar Patrizki/ss/ama/12.)

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menyatakan jalan provinsi yang akan dilalui pebalap Tour de Singkarak (TdS) 2018 di daerah itu telah diperbaiki Dinas Prasarana Jalan, Tata Ruang dan Permukiman Sumbar.

"Perbaikan itu dilakukan dengan cara tambal sulam," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga Agam, Erniwati di Lubukbasung, Senin.

Perbaikan itu dilakukan setelah Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga setempat melakukan koordinasi dengan Dinas Prasarana Jalan, Tata Ruang dan Permukiman Sumbar.

"Kondisi jalan kabupaten, provinsi dan nasional sudah bagus," katanya.

Saat ini, tambahan, Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga Agam sedang melakukan persiapan lokasi finis etape di Ambun Pagi.

Etape IV itu dengan start di Kota Padang-Agam dengan jarak tempuh 144 kilometer pada Rabu (7/11).

"Di lokasi finis nanti kita akan menampilkan kesenian tradisional untuk menghibur paras pebalap, official dan tamu undangan," katanya.

Pada TdS 2018, Agam akan dilalui tiga etape. Etape satu pada Minggu (4/11), dengan start Bukitinggi dan finis di Sijunjung melalui Kecamatan Ampekangkek dan Baso Kabupaten Agam.

Sementara etape empat pada Rabu (7/11) dengan start dari Kota Padang dan finis di Ambun Pagi Kabupaten Agam, melalui Kecamatan Tanjungmutiara, Lubukbasung, Tanjungraya dan Matur.

Sedangkan etape lima pada Kamis (8/11) dengan start dari Limapuluh Kota dan finis di Pasaman melalui Kecamatan Baso, Ampekangkek, Tilatangkamang dan Palupuh.

"Delapan kecamatan akan dilewati peserta TdS 2018," tegasnya. (*)