3.174 pelajar miskin terima beasiswa Padang Pariaman Cerdas

id Baznas Padang Pariaman,Beasiswa Pelajar Miskin

Ketua Baznas Padang Pariaman, Sumbar, Syamsuardi Surma (kanan). (ANTARA SUMBAR/Aadiaat M. S)

Parit Malintang, (Antaranews Sumbar) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat menyalurkan beasiswa kepada 3.174 pelajar di daerah itu dengan alokasi dana sekitar Rp2 miliar pada 2018.

"Beasiswa tersebut diberikan melalui Program Padang Pariaman Cerdas kepada pelajar yang ekonomi keluarganya tidak mampu," kata Ketua Baznas Padang Pariaman, Syamsuardi Surma saat menyerahkan beasiswa kepada siswa SMP sederajat di Padang Pariaman, di Pariaman, Senin.

Ia merincikan beasiswa untuk SD dan madrasah ibtidaiyah yaitu sekitar Rp728 juta dengan jumlah penerima 2.080 siswa.

Sedangkan beasiswa untuk tingkat SMP dan tsanawiyah yaitu sekitar Rp301 juta dengan jumlah penerima 670 siswa

"Masing-masing siswa kita berikan dana Rp350 ribu untuk SD sederajat dan Rp450 ribu untuk SMP sederajat," katanya.

Sebelum menetapkan penerima beasiswa, Baznas Padang Pariaman terlebih dahulu memverifikasinya ke sekolah-sekolah agar tidak terjadi tumpang tindih dana.

Baznas Padang Pariaman tidak menginginkan adanya siswa yang sudah mendapatkan beasiswa dari pemerintah pusat melalui Kartu Indonesia Pintar juga mendapatkan beasiswa dari Baznas.

"Tujuannya agar dana zakat ini bisa kami serahkan kepada yang lain sehingga banyak pelajar yang mendapatkan beasiswa," ujarnya.

Ia menyatakan beasiswa yang disalurkan tersebut bertujuan untuk meringankan beban orang tua dalam membeli perlengkapan sekolah anaknya.

"Kan kasihan ada anak yang sekolah namun sepatu, tas, dan bajunya robek," kata dia.

Selain memberikan beasiswa kepada pelajar tingkat SD dan SMP sederajat pihaknya juga memberikan beasiswa kepada mahasiswa asal daerah itu dengan jumlah 424 penerima.

Dana beasiswa tersebut diambil dari sekitar 30 persen dana zakat yang terkumpul selama 2018.

Ia menyebutkan target dana zakat yang terkumpul pada 2018 yaitu mencapai Rp7 miliar sedangkan realisasi yang hingga bulan ini mencapai Rp5 miliar. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar