Ini tanggapan Indra Sjafri atas sikap reaktif pelatih U-19 Qatar dengan masuk ke lapangan

id Indra Sjafri

Ini tanggapan Indra Sjafri atas sikap reaktif pelatih U-19 Qatar dengan masuk ke lapangan

Indra Sjafri. (Antara)

Saya sangat menyesalkan sikap seperti itu. Seharusnya di turnamen usia muda seperti ini dia menunjukkan sikap sportif
Jakarta, (Antaranews Sumbar) - Pelatih tim nasional U-19 Indonesia Indra Sjafri menyesalkan sikap pelatih timnas U-19 Qatar Bruno Pinheiro melakukan intervensi dengan masuk ke lapangan ketika laga kedua tim di Grup A Piala U-19 Asia, Minggu (21/10), masih berlangsung.

Menurut dia, hal itu tidak pantas dilakukan oleh pelatih manapun, apalagi dalam kompetisi yang ditujukan untuk pesepak bola usia muda.

"Saya sangat menyesalkan sikap seperti itu. Seharusnya di turnamen usia muda seperti ini dia menunjukkan sikap sportif," ujar Indra usai pertandingan tersebut.

Adapun pelatih timnas U-19 Qatar Bruno Pinheiro masuk ke lapangan ketika pemain Indonesia bersiap mengambil tendangan bebas di sisi kanan pertahanan Qatar pada menit ke-90+6. Saat itu, skor 6-5 untuk Indonesia.

Bruno tampak memberikan instruksi untuk para pemainnya dari dalam lapangan. Melihat hal itu, wasit Sivakorn Pu-Udom langsung memerintahkan Bruno untuk keluar dari area pertandingan.

Buntut dari peristiwa itu, sang pelatih Qatar diusir dari lapangan pertandingan. Belum diketahui sanksi lanjutan untuk pelatih bernama lengkap Bruno Miguel Nogueira Pinheiro tersebut.

Pengusiran Bruno berbuntut panjang karena dia pun dilarang mengikuti sesi konferensi pers pasca-laga yang akhirnya dihadiri asisten pelatih Qatar Lino Godinho.

Adapun dalam pertandingan tersebut, tim nasional sepak bola U-19 Indonesia dikalahkan Qatar dengan skor 5-6.

Qatar unggul terlebih dahulu melalui gol Hashim Ali (7', 51'), Abdulrasheed Umaru (14', 41', 56) dan Mohammed Waad (24').

Indonesia membalas melalui deretan gol dari penyerang timnas U-19 Indonesia Todd Ferre yang menorehkan trigol dengan golnya di menit ke-65, 72' dan 80', serta dua gol lainnya ditorehkan gelandang Muhammad Luthfi Kamal (28'), Saddil Ramdani (68').

Kekalahan tersebut membuat Indonesia berada di posisi ketiga klasemen sementara Grup A Piala U-19 Asia 2018 karena kalah "head to head" dengan Qatar yang bertengger di peringkat kedua, meski sama-sama berpoin tiga.

Uni Emirat Arab (UEA) memimpin grup tersebut dengan mengoleksi enam poin dari dua pertandingan. Adapun Taiwan menjadi juru kunci setelah tak pernah menang dari dua laga.

Selanjutnya, pada Rabu (24/10), Indonesia akan menghadapi UEA di laga terakhir Grup A Piala U-19 Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Kemenangan di pertandingan ini akan membawa Indonesia ke babak perempat final.

Di hari dan jam yang sama, Qatar akan melawan Taiwan di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat. (*)