Wakil Bupati Pasaman Barat tinjau lokasi banjir di Sikilang

id Banjir

Wakil Bupati Pasaman Barat tinjau lokasi banjir di Sikilang

Wakil Bupati Pasaman Barat, Yulianto mengunjungi dan bantu warga Sikilang Kecamatan Sungai Aur, Minggu (21/10) yang terisolasi sejak banjir, Kamis (11/10) lalu.

Simpang Empat, (Antaranews Sumbar) - Wakil Bupati Pasaman Barat, Sumatera Barat, Yulianto dan rombongan meninjau dan memberi bantuan ke daerah Sikilang yang dilanda banjir, sehingga mengakibatkan terputusnya akses jalur darat ke wilayah itu.

"Benar, sejak banjir Kamis (11/10) daerah Sikilang terisolir dan tidak bisa diakses jalur darat. Mudah-mudahan saat ini sudah normal kembali," kata Wakil Bupati Pasaman Barat, Yulianto saat mengunjungi warga korban banjir Sikilang, Minggu.

Ia mengucapkan permohonan maaf karena baru bisa menyempatkan diri untuk hadir di tengah-tengah masyarakat dan bersilaturahmi langsung dengan warga Kejorongan Sikilang yang sedang mendapatkan dampam bencana banjir.

Hal itu disebabkan terlalu sulitnya kendaraan melalui wilayah tersebut yang diakibatkan tingginya genangan air menuju daerah itu.

"Akhirnya perjalanan ke Jorong Sikilang ini hanya bisa kami tempuh jalur darat melalui areal perusahaan perkebunan dengan kendaraan double gardan," katanya.

Menurutnya, saat ini Pasaman Barat yang sedang berduka, karena bencana banjir yang melanda hampir setiap wilayah kecamatan yang ada di daerah itu.

"Hampir merata setiap daerah digenangi banjir. Air naik secara serentak dan merendam rumah warga serta merusak sejumlah infrastruktur yang ada," ujarnya.

Ia meminta kepada Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait agar segera mengambil langkah cepat dalam proses perbaikan terhadap sejumlah infrastruktur yang mengalami kerusakan.

Ia mengimbau kepada kepada masyarakat Sikilang untuk selalu waspada terhadap curah hujan yang saat ini cukup tinggi, karena situasi cuaca saat ini yang tidak menentu.

"Secara umum kerugian sementara akibat banjir lebih Rp26 miliar merusak sejumlah jembatan, jalan, irigasi perkebunan, pertanian dan rumah warga," sebutnya.

Pihaknya satu minggu kedepan terus menyalurkan berbagai bantuan yang telah berdatangan dari pihak yang peduli.

"Terima kasih kepada pihak yang telah menyerahkan bantuan. Kami segera menyalurkan kepada korban banjir," tegasnya.

Pada kesempatan itu, ia menyerahkan bantuan satu ton beras dan enam karung pakaian untuk dibagikan kepada warga Sikilang.

Ia juga membawa sejumlah jajarannya dalam rangka untuk melihat langsung apa yang dibutuhkan warga Sikilang dan harus segera ditindaklanjuti.

Hadir pada kesempatan itu Ketua Gabungan Organisasi Wanita Pasaman Barat, Sifrowati Yulianto, Staf Ahli Pemkab Pasaman Barat, Armen, Asisten Administrasi, Raf'an, Kepala Dinas Perhubungam, Edison Zelmi, Kepala Sub Bagian pers dan medi Humas,Yudhinal Reviola serta jajaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah. (*)