Pariwisata - 1.300 peserta meriahkan Pariaman Run

id pariaman run

Pariwisata - 1.300 peserta meriahkan Pariaman Run

Para atlet yang berhasil menyabet juara Pariaman Run berfoto bersama Wali Kota Pariaman dan unsur pimpinan Forkopimda Pariaman. (ANTARASUMBAR/Muhammad Zulfikar)

Pariaman, (Antaranews Sumbar) - Sebanyak 1.300 peserta dari berbagai daerah ikut serta pada kegiatan Pariaman Run yang diselenggarakan oleh pemerintah Kota Pariaman Pariaman, Sumatera Barat.

"Seluruh peserta tersebut berasal dari berbagai daerah seperti Provinsi Lampung, Sumatera Utara, Bandung, Jakarta, Bangka Belitung dan provinsi lainnya," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar di Pariaman, Minggu.

Penyelenggaraan Pariaman Run katanya, terbagi atas dua kategori yaitu 10 kilometer khusus bagi profesional dan lima kilometer untuk para pelajar.

Khusus kategori Pariaman Run 10 kilometer putra, juara pertama disabet oleh Agus Prayogo atlet asal Jawa Barat dengan catatan waktu 30 menit 19 detik.

Posisi kedua diraih oleh atlet asal Medan Sumatera Utara yaitu Wilman David Pasaribu dengan catatan waktu 30 menit 24 detik yang disusul oleh atlet asal Kabupaten Solok Selatan Khairullah dengan catatan waktu 31 menit 45 detik.

Meskipun tidak ada nama atlet asal Kota Pariaman yang menaiki podium, namun penyelenggaraan Pariaman Run merupakan salah satu upaya mendongkrak semangat olahraga para atlet di daerah itu, ujar dia.

"Memang belum ada nama atlet asal Pariaman yang keluar sebagai juara karena harus bersaing ketat dengan para atlet nasional, namun hal ini tentu menjadi pelajaran bagi semua atlet Pariaman dalam menimba ilmu," katanya.

Selain itu lanjut dia, khusus Pariaman Run lima kilometer pemerintah daerah memiliki target sebagai ajang pemanasan sebelum penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-XV di Kabupaten Padang Pariaman pada 18 hingga 28 November 2018.

Kemudian katanya, kegiatan tersebut juga salah satu upaya pemerintah daerah dalam pengenalan sektor pariwisata daerah.

"Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk terus mendatangkan para wisatawan ke Pariaman, salah satunya melalui sport tourism atau pariwisata olahraga," kata dia.

Berbagai kegiatan olahraga berbasis pariwisata tersebut diyakini pemerintah daerah cukup mampu mengenalkan potensi yang ada sehingga menarik kunjungan wisatawan domestik bahkan internasional.

Hal itu juga dikarenakan setiap event olahraga pariwisata yang dilaksanakan berlokasi atau melintasi sejumlah titik objek wisata di Pariaman dengan tujuan promosi.*