Pariwisata - Pariaman manfaatkan Sport Tourism dongkrak kunjungan wisatawan

id genius umar

Pariwisata - Pariaman manfaatkan Sport Tourism dongkrak kunjungan wisatawan

Wali Kota Pariaman Genius Umar (ANTARASUMBAR/Muhammad Zulfikar)

Pariaman, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), memanfaatkan sport tourism atau olahraga pariwisata untuk meningkatkan daya tarik daerah sehingga kunjungan wisatawan terus naik setiap tahun.

"Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk terus mendatangkan para wisatawan datang ke Pariaman, salah satunya melalui sport tourism atau pariwisata olahraga," kata Wali Kota Pariaman, Genius Umar usai menghadiri kegiatan Pariaman Run

di Pariaman, Minggu.

Berbagai kegiatan pariwisata olahraga yang telah dilakukan pemerintah daerah serta dijadikan sebagai agenda tahunan seperti Pariaman Triathlon, Pariaman Internasional Triathlon, Pariaman Run serta ikut andil pada Tour de Singkarak.

Selain itu, pemerintah daerah juga telah menyelenggarakan event tinju pantai tingkat nasional dan sepatu roda tingkat provinsi beberapa waktu lalu.

"Beberapa event pariwisata olahraga yang akan dilakukan selanjutnya seperti lomba skate board dan bola tenis. Saat ini sedang dirancang oleh dinas terkait," ujar dia.

Berbagai kegiatan olahraga berbasis pariwisata tersebut diyakini pemerintah daerah cukup mampu mengenalkan potensi yang ada sehingga menarik kunjungan wisatawan domestik bahkan internasional.

Hal itu juga dikarenakan setiap event olahraga pariwisata yang dilaksanakan berlokasi atau melintasi sejumlah titik objek wisata di Pariaman dengan tujuan promosi.

Sebagai salah satu daerah destinasi wisata di provinsi setempat, Kota Pariaman memiliki berbagai objek wisata yang bisa dikunjungi seperti Pantai Kata, Pantai Gandoriah, Pantai Cermin, Taman Anas Malik dan Pulau Angso Duo.

Selanjutnya pusat penangkaran penyu, wisata edukasi hutan mangrove, hutan bakau mati serta sejumlah titik objek wisata lainnya, ujarnya.

Terpisah Wakil Ketua DPRD Pariaman, Syafinal Akbar mengatakan beberapa tahun terakhir Kota Pariaman cukup fokus dan serius mengembangkan sektor pariwisata.

Selain pesta budaya Tabuik, event wisata berbasis olahraga menurut dia salah satu cara merangkul atau mendatangkan para wisatawan dari berbagai daerah.(*)