Ini pesan Wakil Wali Kota kepada penerima zakat

id zakat

Ini pesan Wakil Wali Kota kepada penerima zakat

Wakil Wali Kota Solok Reinier (memakai baju songket ungu) didampingi Ketua Baznas Solok, Zaini (memakai batik merah) saat menyerahkan zakat di Masjid Lubuk Sikarah, Sabtu. (Ist) (Antara Sumbar/istimewa)

Solok, (Antaranews Sumbar ) - Wakil Wali Kota Solok, Sumatera Barat, Reinier berpesan agar masyarakat penerima zakat dapat mempergunakan zakat sesuai kebutuhan.

"Gunakan zakat dengan bijak sesuai kebutuhan, dahulukan yang penting agar menjadi berkah," kata dia saat menyerahkan zakat kepada mustahiq atau penerima zakat di Solok, Sabtu

Ia mengatakan zakat merupakan amanah yang harus dikelola dengan baik. Dan bagi penerima zakat menjadi amanah agar digunakan sesuai kebutuhan dan tidak menyimpang dari tujuannya meringankan beban penerima.

Zakat yang diberikan jika digunakan semestinya diharapkan dapat mengurangi beban masyarakat, dan membantu kemandirian mustahiq pada masa yang akan datang, kata dia.

Kegiatan penyerahan zakat yang merupakan program kerja Baznas Kota Solok untuk masyarakat kurang mampu se -Kota Solok.

"Saya berterimakasih pada baznas, karena amanah zakat yang dipercayakan telah diserahkan langsung dan uangnya langsung disalurkan kepada masyarakat yang layak dan membutuhkan," ujarnya.

Menurutnya, Pemerintah Kota bersama DPRD tetap berusaha terus menyiapkan langkah-langkah dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Sekarang saja bapak ibuk yang menerima zakat, Insya Allah di masa datang gantian bapak ibuk yang berzakat," ujarnya.

Untuk itu ia mengajak agar mulai sekarang masyarakat secara perlahan memulai usaha walau dari usaha kecil agar semakin mandiri di masa depan.

Pemerintah Kota dan DPRD akan senantiasa memberikan dorongan untuk pengembangan ekonomi masyarakat yang nantinya akan berimplikasi dengan pengurangan jumlah keluarga miskin di Kota Solok.

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Solok, Zaini menyebutkan penyerahan zakat kali ini diperuntukan bagi 424 orang yang jumlah zakatnya bervariasi.

"Zakat yang diserahkan ada yang namanya Solok Cerdas, Solok Sejahtera, Solok Sehat dan Modal usaha dengan total jumlah dana yang disalurkan sebanyak Rp312,6 juta," ujarnya.