Pemilik motor Satria berkumpul di Padang, ada apa ?

id SCI

Pemilik motor Satria berkumpul di Padang, ada apa ?

Sejumlah pengendara Suzuki Satria yang tergabung dalam Satria Club Indonesia (SCI) tengah melaju di kawasan Bukit Lampu dalam kegiatan patroli kota dalam kegiatan Jambore SCI ke-16 di Kota Padang, Sumatera Barat Sabtu (20/10). (Antara Sumbar/ Iggoy El Fitra)

Padang, (Antaranews Sumbar ) – Sekitar 1.000 pemilik sepeda motor Suzuki F 150 yang tergabung dalam Satria Club Indonesia (SCI) melaksanakan Jambore SCI yang ke-16 di Kota Padang, Sumatera Barat 20-21 Oktober 2018.

Ketua divisi acara Jambore SCI ke-16 Genta Mayforni di Padang, Sabtu mengatakan kegiatan jambore ini dilakukan sekali dalam satu tahun. Ini merupakan salah satu kegiatan wajib yang harus dilakukan Satria Club Indonesia (SCI).

Selain ajang "kopi darat" jambore ini bertujuan mempererat tali persaudaran pemiliki sepeda motor Satria Suzuki F 150 di seluruh Indonesia. Pada jambore kali ini ada kegiatan khusus yakni pengumpulan donasi bagi saudara yang terkena bencana di Palu, Sigi dan Donggala.

Menurut dia donasi itu nantinya akn disalurkan khusus kepada sahabat SCI di Palu, mereka saat ini tengah berjuang kembali menata kehidupan mereka.

Kemudian dalam sesi kegiatan juga ada kegiatan patroli kota, seluruh peserta akan melakukan konvoi mengitari Kota Padang. Langkah ini sebagai bentuk upaya memperkenalkan keindahan kota berpenduduk 900 ribu jiwa tersebut kepada tamu yang datang.

"Kita perkenalkan dan targetnya mereka nanti datang sendiri membawa keluarga menikmati keindahan alam dan kuliner Kota Padang. Kita juga mengemban misi wisata di sini," ujar dia.

Ia mengatakan setiap jambore, biasanya akan dilakukan pemilihan lokasi pelaksanaan jambore yang akan datang. Ada beberapa kota yang mengajukan diri menjadi tuan rumah pelaksanaan jambore ke-17.

Ada tiga daerah yang akan mengajukan diri sebagai kota pelaksana jambore tahun depan yakni Blitar, Salatiga dan Depok. Mereka nanti akan mempersentasikan keunggulan yang mereka miliki untuk meyakinkan seluruh anggota menjadikan kota mereka sebagai tuan rumah.

Sebelumnya pelaksanaan jambore SCI ke-15 dilaksanakan di Tasikmalaya, saat itu dari Kota Padang ada 10 peserta mengikuti kegiatan tersebut. Klub biasanya akan dibantu secara moral dan materil oleh sponsor terutama main dealer Suzuki di setiap daerah, klub , dan perusahaan.

"Dalam pelaksanaan ini kita juga diberikan bantuan oleh PT Sejati Unggul Persada dalam bentuk dorongan moral dan materi. Kita berharap dengan kegiatan ini dapat memperkenalkan wisata yang dimiliki kota ini kepada masyarakat nusantara," kata dia

Sebelumnya Ketua pelaksana jambore ke-16 Meri Saputra mengatakan banyak rangkaian acara yang akan dilakukan oleh SCI nantinya mulai dari bakti sosial, lomba mengendarai motor secara zig zag, lomba mengendarai motor secara lambat, berbagi tips dan pengalaman dan konvoi keliling kota.

"Dalam jambore kali ini kami mengambil tema "Basuo Dunsanak di Ranah Minang. Setiap jambore kami selalu mengedepankan ciri khas daerah yang menjadi tuan rumah dan kali ini kita perkuat dengan tema menggunakan bahasa Minang," kata dia.

Saat ini sudah ada peserta jambore yang datang dan bergabung mulai dari Papua, Maluku dan lainnya. Sementara yang lainnya ada yang masih dalam perjalanan.

"Biasanya mereka itu berangkat secara bersama-sama dalam satu kloter. Satu kloter itu biasanya terdiri dari 50 hingga 100 orang," katanya.