Pariwisata - Pemprov pastikan jalan untuk TDS layak dilewati

id TdS 2018

Pariwisata - Pemprov pastikan jalan untuk TDS layak dilewati

Etape 7 Tour de Singkarak 2018 Padang Panjang - Solok Selatan. (Antara Sumbar/ Dinas Pariwisata Padang Panjang) (Antara Sumbar/ Dinas Pariwisata Padang Panjang/)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Barat Oni Yulfian memastikan seluruh ruas jalan yang akan dilalui pebalap Tour de Singkarak 2018 laik dilewati saat ajang itu digelar 4-11 Nofember 2018.

"Tahun ini kondisi jalan tidak terlalu menjadi kendala seperti tahun-tahun sebelumnya. Semua laik dilewati saat balapan berlangsung," katanya di Padang, Sabtu.

Sejumlah ruas jalan provinsi yang sebelumnya dilaporkan masih bermasalah dan berlobang diantaranya beberapa titik di Kabupaten Agam dan Sijunjung dengan tingkat kerusakan ringan.

Jalan provinsi di Agam yang bermasalah yaitu dari Simpang Gudang Kecamatan Lubukbasung hingga Ambun Tanai Kecamatan Matur sepanjang 50 kilometer dengan kondisi rusak ringan.

Kemudian jalan provinsi di Jalan Gajah Mada, Kecamatan Lubukbasung yang selalu digenangi air saat curah hujan cukup tinggi.

Sementara untuk Sijunjung, terdapat rusak ringan pada ruas jalan provinsi Sitangkai - Tanjung Ampalu - Sijunjung dan Tanah Badantung serta jalan Adinegoro menuju Muaro Bodi.

Selain jalan provinsi itu ada dua ruas jalan nasional yang setiap tahun menjadi kendala dalam pelaksanaan Tour de Singkarak, namun tahun ini dinilai cukup laik dilewati.

Kepala Bidang (Kabid) Jalan dan Jembatan PU Sumbar, Dedi Rinaldi mengatakan saat ini pihaknya terus mengebut perbaikan ruas jalan yang akan dilewati pebalap Tour de Singkarak 2018.

Ditargetkan akhir Oktober 2018 semua pekerjaan selesai dilaksanakan dan ajang balap sepeda berbalut wisata itu bisa berjalan maksimal pada 4-11 Nofember.

Meski demikian ia mengakui kondisi cuaca yang kurang bersahabat akhir-akhir ini menjadi kendala tersendiri dalam perbaikan ruas jalan tersebut. Tetapi ia optimis semua berjalan sesuai target.***1***