Berbagai bantuan untuk korban banjir di Pasaman Barat berdatangan

id Banjir,Bantuan Banjir Pasaman Barat

Berbagai bantuan dari pemerintah kabupaten/kota berdatangan untuk korban banjir di Pasaman Barat. PMI Pasaman Barat salah satu yang ikut menyalurkan bantuan kepada korban banjir ke wilayah yang jauh.

Simpang Empat, (Antaranews Sumbar) - Berbagai bantuan untuk korban bencana banjir di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) berdatangan dari berbagai pihak.

"Bantuan untuk korban banjir mulai berdatangan baik dari pemerintah provinsi, kabupaten dan kota yang ada di Sumbar maupun dari pihak swasta," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasaman Barat, Tri Wahluyo di Simpang Empat, Jumat.

Ia mengatakan bantuan yang telah datang dan masuk ke posko bencana di samping kantor BPBD diantaranya adalah BNPB Provinsi Sumbar, bantuan dari Pemerintah Kota Padang Panjang dan Kota Bukittinggi.

"Bantuan itu berupa beras dan kebutuhan pokok lainnya. Bantuan itu sudah mulai disalurkan kepada korban banjir yang ada," ujarnya.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah memberikan bantuan kepada korban banjir baik secara langsung atau melalui BPBD.

"Dengan diperpanjangnya masa tanggap darurat sepekan ke depan maka kita menyalurkan bantuan dan pendataan korban banjir," ujarnya.

Sementara itu dari pantauan dilapangan sejumlah pihak menyalurkan bantuan untuk korban banjir seperti Dinas Sosial, Komado Daerah Militer (Kodam) I Bukit Barisan, Polisi Resor (Polres) Pasaman Barat, Organisasi Masyarakat (Ormas), sejumlah partai politik, pihak swasta TIKI, Komunitas Bakulapak Sumbar, persatuan dokter gigi Pasaman Barat dan organisasi lainnya.

"Mudah-mudahan bantuan itu dapat membantu masyarakat yang sedang kesusahan," katanya.

Data sementara kerugian korban akibat banjir di Pasaman Barat lebih dari Rp26 miliar dengan kerusakan infrastruktur dan rumah.

Sementara itu Direktur TIKI Pasaman Barat, Ami mengatakan pihaknya menyalurkan bantuan berupa minyak goreng kepada korban banjir di Lubuk Gobing Kecamatan Ranah Batahan.

"Kita merasa ikut prihatin dengan bencana melanda Pasaman Barat. Mudah-mudahan banjir cepat berlalu dan altifitas warga kembali normal," ujarnya.

Sementara itu sukarelawan Palang Merah Indonesia (PMI), Dodi Ifanda mengatakan pihaknya sejak beberapa hari yang lalu menyalurkan bantuan kepada korban banjir.

"Bantuan itu terus kita salurkan dan mudah-mudahan bermanfaat bagi warga," harapnya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar