Herga emas berjangka naik dipicu penurunan tajam pasar ekuitas

id Harga emas

Herga emas berjangka naik dipicu penurunan tajam pasar ekuitas

Ilustrasi - Harga emas. (Antara)

Chicago, (Antaranews Sumbar) - Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange naik pada akhir perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB), dipicu penurunan tajam di pasar ekuitas AS.

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Desember, naik 2,7 dolar AS atau 0,22 persen, menjadi ditutup pada 1.230,10 dolar AS per ounce.

Emas mendapat dukungan karena indeks Dow Jones Industrial Average turun 381,39 poin atau 1,48 persen pada pukul 17.32 GMT. Diikuti penurunan tajam pada indeks S&P 500 dan Nasdaq.

Ketika ekuitas jatuh, logam mulia biasanya naik, karena para investor mencari aset-aset "safe haven", seperti emas.

Faktor geopolitik, termasuk ketegangan seputar hilangnya seorang wartawan Saudi, sengketa perdagangan antara kekuatan ekonomi utama, dan negosiasi Brexit yang sedang berlangsung, juga memberikan dukungan tambahan terhadap logam mulia, kata analis pasar.

Namun, kenaikan emas lebih lanjut dikekang oleh dolar AS yang lebih kuat. Indeks dolar AS, ukuran greenback terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya, naik 0,24 persen pada pukul 17.21 GMT menjadi 95,89, tingkat tertinggi dalam dua bulan terakhir.

Adapun logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman Desember turun 5,9 sen AS atau 0,4 persen, menjadi ditutup pada 14.604 dolar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Januari 2019 turun 8,9 dolar AS atau 1,06 persen, menjadi menetap di 831,70 dolar AS per ounce. (*)