DPRD Sumbar masih menunggu surat keputusan PAW Marlis

id DPRD

Sekretaris DPRD Sumatera Barat Raflis (Istimewa)

Padang,(Antaranews Sumbar) – DPRD Sumatera Barat segera menggelar sidang paripurna istimewa terkait pergantian antar waktu (PAW) tiga anggota dewan provinsi tersebut. Saat ini masih menunggu surat keputusan Kementerian Dalam Negeri PAW dari Fraksi Hanura.

Sekretaris DPRD Sumatera Barat Raflis di Padang, Kamis mengatakan pihaknya telah menerima surat keputusan (SK) Kementerian Dalam Negeri terkait dua anggota dewan Fraksi PPP yang diganti.

Kedua surat tersebut atas nama Syafril Huda menggantikan Martias Tanjung dan Syukriadi Syukur menggantikan M Algazali.Sementara surat keputusan PAW anggota DPRD Fraksi Hanura dari Marlis kepada Edrison Effendi masih belum turun.

"Kami masih menunggu surat itu lengkap kemudian baru dilakukan sidang paripurna istimewa penggantian ketiga orang tersebut," kata dia.

Menurut dia sejak KPU menetapkan Daftar Calon Tetap (DCT) anggota DPRD Sumatera Barat terdapat tiga anggota DPRD Sumbar yang maju dengan partai yang berbeda sehingga harus dilakukan PAW.

Ia mengatakan pergantian antar waktu ini sesuai dengan Surat Kemendagri nomor 160/6324/OTDA, tentang pemberhentian anggota DPRD provinsi, kabupaten dan kota yang mencalonkan diri dari partai politik yang berbeda dengan partai politik yang diwakili pada pemilu terakhir.

Sebelumnya, Komisioner KPU Sumbar Izwaryani mengatakan ketiga anggota DPRD Sumbar itu telah didaftarkan sebagai calon anggota legislatif dari partai yang berbeda dari fraksinya di DPRD Sumbar.

"Kami menemukan ada tiga nama anggota DPRD Sumbar yang maju dengan partai yang berbeda," ujarnya.

Ia mengatakan anggota dewan tersebut adalah anggota DPRD Sumbar dari fraksi Partai Hanura Marlis. Ia dalam Pileg 2019 maju bersama Partai Amanat Nasional (PAN) di daerah pemilihan Sumbar VI yang meliputi Kabupaten Tanah Datar, Sijunjung, Dharmasraya, Kota Padang Panjang dan Sawahlunto.

Sementara M Ghazali maju dalam Pileg 2019 ini bersama Partai Amanat Nasional (PAN) di daerah pemilihan Sumbar VIIyang meliputi Kota Solok, Kabupaten Solok dan Kabupaten Solok Selatan.

Kemudian anggota DPRD Sumbar dari fraksi PPP Martias Tanjung maju bersama Partai Garuda di daerah pemilihan satu yakni Kota Padang. Sebelumnya pada Pileg 2014 dirinya maju bersama PPP dari daerah pemilihan Sumbar tiga yang meliputi Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam. (*)

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar