Agar diserap dunia kerja, Legislator minta SMK tingkatkan kualitas lulusan

id DPRD

Anggota DPRD Sumatera Barat Taufik Hidayat. (Ist

Padang, (Antaranews Sumbar) - Anggota DPRD Sumatera Barat, Taufik Hidayat meminta agar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di daerah itu dapat meningkatkan kualitas lulusan sehingga dapat langsung diserap dunia kerja.

"Kita mendorong agar SMK terus berbenah agar menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki keterampilan dan profesional," kata dia di Padang, Rabu.

Menurut politisi Partai Hanura tersebutsekolah kejuruan seharusnya mampu menciptakan para profesional, ini menjadi kelebihan dari sekolah umum.

"Sekarang tinggal bagaimana sekolah mampu mendidik mereka ke arah tersebut," katanya.

Proses pendidikan siswa di sekolah kejuruan harus ditunjang dengan sarana prasarana yang lengkap dan memadai serta guru yang profesional.

Menurut dia sistem yang baik ditunjang oleh sarana prasarana yang lengkap akan membuat perpindahan ilmu menjadi lebih menyenangkan.

"Pembinaan siswa melalui proses belajar mengajar yang baik dapat menjadi salahsatu kunci menghasilkan siswa menjadi tenaga terampil dan profesional," lanjutnya.

Sebelumnya Ketua Komisi V DPRD Sumbar Hidayat berharap Dinas Pendidikan terus melakukan program-program strategis yang berorientasi kepada keahlian siswa.

"Kita terus mendorong melaluipenganggaran agar SMK dapat menghasilkan inovasi dan kreatifitas siswa, " ujarnya

Hidayat menjelaskan beralihnya kewenangan SMA/SMK ke pemerintah provinsi (Pemprov) menyebabkan pembengkakan. Anggaran pendidikan dalam APBD mencapai 22 persen atau sekitar Rp6 triliun.

"Anggaran yang dikucurkan cukup besar tentu kita berharap lulusan SMK ini nantinya dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru dan meringankan beban pemerintah menekan angka pengangguran," ujar dia. (*)

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar