Nelayan tetap melaut meskipun cuaca buruk

id cuaca buruk,nelayan padang,harga ikan

Nelayan tetap melaut meskipun cuaca buruk

Pasar ikan di Muara Padang. (ANTARA SUMBAR/Maisix Dela)

Padang,(Antaranews Sumbar) - Nelayan di Kota Padang, Sumatera Barat tetap melaut meskipun cuaca di Kota Padang kerap diguyur hujan

"Meskipun hujan mengguyur Kota Padang setiap hari tetapi hujan tidak mengganggu kegiatan melaut. Pasokan ikan yang didapatkan masih seperti biasanya," kata salah seroang nelayan, Isman di Padang,Rabu.

Ia menambahkan, meskipun pasokan ikan masih aman tapi nelayan tetap menyimpan pasokan ikan yang tidak terjual di hari sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kerugian apabila nelayan tidak bisa melaut.

Penyimpanan ikan juga dilakukan oleh pedagang di Pantai Purus, Padang.

Masih stabilnya pasokan tidak mempengaruhi harga ikan ditingkat pedagang.

"Harga ikan masih sama seperti hari sebelumnya kami hanya mengambil keuntungan Rp10.000 per kilogram dengan pasokan ikan rata rata 50 kilogram setiap hari,harga ikan ditentukan oleh nelayan dan apabila nelayan tidak melaut maka harga ikan akan naik dari sebelumnya." ucap pedagang ikan Baharudin (60) di Pantai Purus.

Harga ikan tongkol Rp35.000 per kilogram, ikan karapu Rp60.000 per kilogram, kepiting Rp40.000 per kilogram, cumi cumi Rp 120.000 per kilogram.

Pembeli ikan di Pantai Purus,Mita (30) mengatakan sebagai ibu rumah tangga ia hanya membeli sesuai kebutuhan agar tidak terasa mahal. (*)