Pariwisata - Promosi wisata halal Sumbar sasar Oman

id Wisata Halal Sumbar,ASATI Sumbar,Promosi wisata halal di Oman

Pariwisata - Promosi wisata halal Sumbar sasar Oman

Foto udara kawasan wisata bahari terpadu (KWBT) Mandeh, di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat, Sabtu (10/2). Kementerian Pariwisata meminta Pemprov Sumbar untuk menyiapkan dua kawasan, salah satunya Mandeh, guna menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di masa mendatang, sekaligus sebagai destinasi wisata bahari unggulan di Indonesia. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/kye/18)

London, (Antaranews Sumbar) - KBRI Muscat bekerja sama dengan Association of Sales Travel Indonesia (ASATI) Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Kementerian Pariwisata mempromosikan wisata halal di Oman.

Fungsi Pensosbud KBRI Muscat RM Virgino Rikaryanto kepada Antara London, Selasa, menyebutkan bila selama ini arus wisatawan mancanegara (wisman) dari negara Teluk tersebut hanya berkisar ke Jakarta dan Jawa Barat, maka kali ini mereka diundang untuk melihat destinasi baru di pulau Sumatera dan Bali.

Provinsi Sumatra Barat menawarkan wisata halal, keindahan alam dan keramahan penduduknya bagi wisatawan dari Oman, negara yang warganya sebagian besar beragama Islam.

KBRI Muscat mengundang jurnalis dan agen perjalanan dari Oman untuk melihat sendiri keindahan alam Sumatera Barat, merasakan keramahan penduduknya, serta menikmati kemudahan memperoleh makanan halal, dan menemukan tempat ibadah di seluruh penjuru provinsi.

Keunikan sejarah kota Sawahlunto, sejuknya udara Bukittinggi, megahnya Istana Pagaruyung, cantiknya Ngarai Sianok, dan indahnya pulau-pulau di Pesisir Selatan, dapat dirasakan langsung oleh sembilan peserta "familiarization trip" dari Oman selama lima hari berada di Sumatera Barat, dari tanggal 6 sampai 10 Oktober lalu.

Selama berada di Sumbar, Gubernur Irwan Prayitno, Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah, hingga Walikota Sawahlunto, Deri Asta, menjamu para tamu dari negara Teluk tersebut.

Tidak hanya mengajak berwisata, para pejabat juga menawarkan peluang investasi, khususnya di sektor pariwisata, bagi warga Oman yang berminat.

Selepas menikmati indahnya Sumatera Barat, para peserta diajak melancong ke Bali selama tiga hari, mulai tanggal 10 hingga 13 Oktober.

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mengundang peserta yang merupakan bagian dari upaya pemulihan pariwisata Bali pasca-gempa Lombok yang berdampak pula ke destinasi di Pulau Dewata itu.

Selama berada di Bali, peserta diajak mengunjungi sentra-sentra kerajinan tangan seperti perak dan batik, menikmati kopi khas Bali, dan merasakan serunya arung jeram di Sungai Ayung, Ubud.

Kemenpar mempertemukan mereka dengan pelaku bisnis wisata setempat untuk membuka peluang kerja sama.

Khalfan Al Amri, salah satu peserta yang sehari-harinya bekerja di Oman TV, mengaku takjub dengan keindahan alam Indonesia, khususnya di Sumatera Barat.

Rekannya, Nabil Ebrahim yang bekerja di Al Julandani Tours, menyatakan sangat terkesan dengan keramahan masyarakat setempat. Ke mana pun mereka pergi, sambutan warga sangat meriah dan hangat.

Asila Saif yang merupakan satu-satunya peserta wanita dalam rombongan, mendapat pertanyaan dan komentar bertubi-tubi tentang perjalanannya kali ini dari pengikutnya di dunia maya. Wanita bekerja di Radio Shabab ini memiliki pengikut lebih dari 195 ribu di instagram dan 44 ribu di snapchat, dua media sosial yang paling banyak digunakan di Oman.

Sebelum mengunjungi Padang, peserta juga diundang menghadiri Garuda Indonesia Travel Fair di Convention Center Jakarta dan melihat langsung gairah industri wisata Indonesia yang dipadati pengunjung sejak pagi hingga malam.

Jumlah wisatawan asal Oman ke Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun. Hingga September, tercatat sejumlah 22. 287 warga Oman mengunjungi Indonesia, naik sebesar 71,3 persen dari periode yang sama 2017.

Selama tiga tahun terakhir, rata-rata pertumbuhan turis asal Oman melampaui 40 persen. Di kawasan Timur Tengah, Oman menapaki peringkat kedua wisatawan asing ke Indonesia setelah Arab Saudi. (*)