Pemkab Solok gelar bursa Inovasi Nagari

id Inovasi Nagari,Pemkab Solok

Pemkab Solok gelar bursa Inovasi Nagari

Asisten Koordinatoer Eksbangkesra, Aliber Mulyadi di Arosuka, Senin saat membuka bursa inovasi nagari. (Antara Sumbar/ Tri Asmaini)

Arosuka, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok, Sumatera Barat menggelar Bursa Inovasi Nagari untuk menampung berbagai ide dalam memajukan nagari atau desa adat di daerah setempat.

"Mari kita sukseskan kegiatan program inovasi desa dalam menunjang kemajuan daerah serta meningkatkan perekonomian," kata Bupati Solok diwakili Asisten Koordinator Bidang Ekonomi Pembangunan dan kesejahteraan masyrakat, Aliber Mulyadi di Arosuka, Senin.

Ia menjelaskan dengan adanya gelaran bursa inovasi ini akan memancing ide-ide kreatif yang nantinya dapat digunakan dalam pembangunan nagari baik dari segi pariwisata, ekonomi, pembangunan dan lainnya.

Pemerintah nagari diharapkan dapat memanfaatkan dana desa atau nagari dalam meningkatkan produktivitas nagari dengan memanfaatkan inovasi desa untuk kedepannya.

Menurutnya, Program inovasi desa (PID) dirancang untuk memunculkan adanya inovasi dalam praktek pembangunan dan solusi inovatif untuk dana desa secara tepat dan seefektif mungkin.

Dengan adanya PID diharapkan mampu merevitalisasi peran pendamping dalam pengembangan potensi ekonomi lokal damn kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusia (SDM) serta infrastruktur nagari.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMN) Sumatera Barat, diwakili oleh Akral, mengatakan adanya bursa nagari ini agar pemerintah desa dan masyarakat dituntut untuk melakukan inovasi di daerah demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat disekitar.

"Kegiatan ini juga salah satu langkah dalam meningkatkan kapasitas desa untuk pembangunan desa dan perekonomian," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas PMN Kabupaten Solok, Medison mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mendorong percepatan penanggulangan kemiskinan di desa atau nagari melalui pemanfaatan dana desa.

Ia berharap kegiatan yang diikuti oleh wali nagari, ketua Badan Musyawarah Nagari (BMN) dan tokoh masyarakat serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di kabupaten setempat dapat memberikan masukan dan ide-ide yang baru dalam percepatan pembangunan di nagari-nagari tersebut.

Acara juga dihadiri oleh Asisten Koordinator Ekbangkesra, Aliber Mulyadi, Kepala dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMN) Provinsi Sumatera Barat diwakili oleh Akral, Kadis PMN Kabupaten Solok, Medison, Kepala OPD di Lingkup Pemerintah setempat, Pimpinan Bank Nagari Cabang pembantu Arosuka Merry, Camat, Wali Nagari dan Ketua BMN se Kabupaten. (*)