Prajurit TNI dijamu dengan "makan bajamba", pupuk rasa persaudaraan

id TMMD Pesisir Selatan,Makan Bajamba

Prajurit TNI dijamu dengan "makan bajamba", pupuk rasa persaudaraan

Makan bajamba usai pembukaan TMMD ke-103 di Kecamatan Lengayang. (Antara Sumbar/Didi Someldi Putra)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Makan bajamba atau makan bersama dengan duduk bersila dan sejajar memperkuat rasa persaudaraan lintas organisai pada pembukaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 di Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

"Makan bajamba telah kami rencanakan sejak awal dan kami bersyukur semuanya terlaksana sesuai rencana," kata Wali Nagari Lakitan Tengah, Irwandi usai Upacara Pembukaan TMMD ke-103 di Kecamatan Lengayang, Senin.

Ia menyebutkan dalam pelaksanaannya rasa persaudaraan antar pejabat lintas instansi mulai dari TNI AD, TNI AL, TNI AU, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten dan tokoh masyarakat sangat terasa.

Selain itu di awal mempersiapkan hidangan, rasa persaudaraan dan tolong menolong tidak kalah lebih terasa karena semua hidangan disiapkan oleh masyarakat dengan sukarela.

"Hidangan makan bajamba lebih enak dan beragam dibanding menu-menu makanan di hotel berbintang sebab menu apa saja tersedia karena masing-masing masyarakat menyiapkan menu sesuai dengan rencana mereka," katanya.

Sebagai tuan rumah, ia berharap TMMD ke-103 terlaksana lebih dari target sehingga kegiatan itu berdampak positif terhadap masyarakat di nagarinya.

"Banyak hal-hal positif dilaksanakan selama TMMD mulai dari membuka jalan pertanian, membangun rumah layak, membangun rumah ibadah dan lainnya, ini akan bermanfaat untuk masyarakat untuk kami berharap kegiatan ini terlaksana sesuai target," katanya lagi.

Sepanjang 2018, telah dilaksanakan tiga kali kegiatan TMMD di wilayah Korem Wirabraja, pada Maret-April dilaksanakan TMMD ke-101 di Kabupaten Solok dan Sijunjung, pada Juli-Agus dilaksankan TMMD ke-102 di Kabupaten Pasaman Barat.

Selanjutnya, pada Oktober-November di laksanakan TMMD ke-103 Kabupaten Pesisir Selatan dan Kabupaten Tanah Datar yang pembukaanya dilaksanakan pada hari ini, Senin (15/10).

Pada pelaksanaan TMMD di Pesisir Selatan, pemerintah kabupaten setempat mengucurkan anggaran Rp1,2 miliar. (*)

Baca juga: 150 prajurit TNI sukseskan TMMD di Pesisir Selatan

Baca juga: TMMD perkuat gotong royong