Baznas targetkan himpun dana zakat Rp22,5 miliar hingga akhir Desember 2018

id Baznas

Baznas targetkan himpun dana zakat Rp22,5 miliar hingga akhir Desember 2018

Ketua Baznas Kota Padang Epi Santoso (kanan) memberikan perlengkapan sekolah kepada seorang pelajar di Kota Padang, Sabtu (13/10). (Antara Sumbar/ Mario Sofia Nasution)

Padang, 13/10 (Antara) - Baznas Kota Padang, Sumatera Barat menargetkan dana zakat masyarakat yang mereka himpun hingga akhir 2018 sebesar Rp22,5 miliar.

Ketua Baznas Kota Padang Epi Santoso di Padang, Sabtu mengatakan hingga September 2018 pihaknya telah mengumpulkan dana zakat dari masyarakat sebesar Rp16,3 miliar atau sekitar 68 persen dari target yang telah ditentukan.

"Kita optimis dapat mencapai target tersebut hingga akhir Desember nanti, caranya dengan melakukan sosialisasi dan meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk menyalurkan zakat mereka melalui Baznas," kata dia.

Ia mengatakan dana zakat yang terkumpul akan disalurkan kepada masyarakat sesuai dengan syariat yang telah ada yakni kepada asnaf yang delapan mulai dari fakir, miskin, mualaf, orang yang tidak mampu membayar hutang, ibnu sabil, amil dan lainnya.

"Kita pastikan orang yang menerima zakat adalah orang-orang yang masuk dalam asnaf yang delapan ini," kata dia.

Ia mengakui sekitar 85 persen zakat yang dikumpulkan berasal dari zakat Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Padang dan sisanya masyarakat, pengusaha, pihak ketiga dan lainnya.

Pihaknya terus mengajak masyarakat dan pengusaha menyalurkan zakat mereka melalui Baznas. Hal ini terbukti berjalan baik pada 2016 pihaknya mampu menghimpun zakat dari selain ASN sebesar Rp1,2 miliar dan pada 2017 meningkat menjadi Rp5,2 miliar.

"Kita terus berupaya meningkatkan kepercayaan publik dengan melakukan pemeriksaan keuangan Baznas kepada akuntan publik sehingga pengelolaannya lebih transparan," kata dia.

Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah mendorong langkah Baznas agar lebih transparan dalam mengelola dana umat sehingga masyarakat mempercayakan zakat mereka dikelola oleh Baznas.

"Kita terus mendorong langkah Baznas menghimpun zakat masyarakat dan terus meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam mengelola zakat umat," kata dia.***4***