Peringati dies natalis ke-64, UNP bangun tugu PTPG di Batusangkar

id UNP

Wakil Rektor IV Universitas Negeri Padang (UNP) Prof Syahrial Bakhtiar (kiri) didampingi Kabag Humas UNP Novi (kanan) saat memberikan keterangan terkait rangkaian Dies Natalis UNP ke-64 di Kota Padang, Sumatera Barat, Kamis (11/10). (Ist)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat akan membangun tugu Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) di Batusangkar Kabupaten Tanah Datar untuk memperingati dies natalis ke-64.

Wakil Rektor IV UNP Prof Syahrial Bakhtiar di Padang, Kamis, mengatakan pembangunan tugu ini sebagai upaya mengingatkan seluruh pihak terhadap cikal bakal berdirinya Universitas Negeri Padang (UNP) di masa lalu.

"Kita akan melakukan peletakan batu pertama saat perayaan puncak dies natalis UNP ke-64 yakni 23 Oktober nanti ," katanya.

Dia mengatakan perayaan Dies Natalis UNP ke-64 ini merupakan perayaan yang tidak biasa karena pada tahun-tahun sebelumnya selalu dirayakan setiap tanggal 2 Oktober. Pada tahun ini dilakukan perubahan menjadi tanggal 23 Oktober karena merujuk pada sejarah pendirian universitas itu pada masa lampau.

"Perubahan tanggal dies natalis Universitas Negeri Padang ini telah melalui kajian yang dilakukan oleh ahli sejarah," katanya.

Kemudian dalam perayaan dies natalis tahun ini dibagi dalam tiga bidang yakni olahraga, kemahasiswaan dan kesenian. Kegiatan di bidang olahraga seperti senam bersama, sepeda santai, futsal serta tenis meja.

Sedangkan untuk bidang kemahasiswaan akan diadakan lomba karya tulis ilmiah mahasiswa nasional, tur keliling kota dan Rakernas Ikatan Lembaga Penalaran dan Penelitian Mahasiswa (ILP2M)

Setelah itu untuk bidang kesenian akan dilakukan sejumlah perlombaan seperti lomba menyanyi solo antar dosen serta karyawan UNP, lomba menyanyi antar mahasiswa, siswa serta umum dan lomba pembacaan puisi.

Sementara itu Kepala Bagian Hubungan Masyarakat UNP Novi mengatakan perayaan puncak dies natalis akan dihadiri sejumlah tokoh nasional maupun tokoh Sumbar

Menurut dia perubahan tanggal dies natalis UNP akan menjadi budaya baru bagi civitas akademik kampus tersebut ke depannya.

Pada puncak perayaan, Rektor UNP Prof Ganefri juga akan melaporkan perkembangan UNP dari tahun ke tahun dan memberikan gambaran kemajuan yang telah dicapai UNP kepada masyarakat.

"Kami berharap UNP dapat mencapai visinya menjadi perguruan tinggi unggul di kawasan Asia Tenggara," kata dia. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar