TPID Tanggerang belajar pengendalian inflasi ke Padang

id TPID, inflasi

Pemaparan Sekda Padang Asnel kepada Tim Pengendali Inflasi Daerah Kabupaten Tanggerang di Padang, Kamis (11/10). (Antara Sumbar/humas)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Tanggerang berkunjung ke Kota Padang untuk menggali ilmu tentang pengendalian inflasi kepada TPID setempat.

"Kami dari Pemerintah Kabupaten Tangerang ingin belajar dan mengetahui kiat-kiat keberhasilan TPID Kota Padang yang sebelumnya ditetapkan sebagai kota terbaik dalam mengendalikan inflasi di Sumatera” kata Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Tanggerang Adiyat Nuryasin di Padang, Kamis.

Dalam kunjungannya rombongan TPID Kabupaten Tangerang tersebut disambut oleh Sekretaris Daerah Padang Asnel di Ruangan Sekda, Balai Kota Padang.

Menurut Adiyat TPID Kabupaten Tangerang juga ingin memperoleh informasi terkait dengan perekonomian diantaranya perubahan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) menjadi iPerusahaan Umum Daerah dan Perusahaan Perseroan Daerah .

"Tak hanya itu, kami juga ingin memperoleh informasi tentang sistem informasi satu data pembangunan daerah Kota Padang," ujarnya.

Kepala Bagian Perekonomian Setda Kota Padang Edi Dharma memaparkan kesuksesan TPID Kota Padang dalam mengendalikan inflasi berkat kerja sama seluruh Organisasi Perangkat Daerah, pemangku kepentingan serta sentra produksi.

“Kami berupaya mengendalikan inflasi di Kota Padang lewat sinergi dan koordinasi dengan pihak terkait," kata dia.

Ia menyampaikan dalam menjaga inflasi, TPID Kota Padang melakukan melakukan kerja sama antar pemerintah daerah yang kelebihan produk pangan serta mengantisipasi kemungkinan terjadinya kenaikan harga secara mendadak terhadap komoditas strategis yaitu beras, cabai, bawang dan lainnya.

Kemudian juga dilakukan peemantauan stok, keterjangkauan harga hingga kelancaran distribusi barang pangan serta antisipasi kemungkinan penyebab inflasi lainnya, kata dia.

“Kami menyusun langkah-langkah sistematis dalam memetakan jumlah ketersediaan dan kebutuhan pangan di Kota Padang. Selanjutnya melakukan aksi strategis dalam menjaga inflasi pada momen tertentu seperti Ramadan hingga Lebaran, Natal dan tahun baru serta libur sekolah , katanya.

Sementara Sekda Kota Padang Asnel berharap kunjungan tersebut merupakan ajang untuk saling berbagi pengalaman dalam rangka memperkuat peran TPID dalam mengendalikan inflasi. (*)
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar