Hendrajoni ingin fokus bangun daerah

id Hendrajoni

Hendrajoni ingin fokus bangun daerah

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni. (Antara Sumbar / Didi Someldi Putra)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni menyatakan ia ingin berkonsentrasi membangun daerah setempat ketimbang menjadi pengurus partai politik.

"Saya saat ini ingin fokus membangun daerah ketimbang menjadi pengurus partai politik karena Pesisir Selatan masih membutuhkan banyak pembangunan infrastruktur seperti rumah layak, irigasi, batu penahan ombak dan lainnya," kata dia di Painan, Kamis.

Sebelumnya, pada Jumat, 13 Januari 2017 Hendrajoni dilantik menjadi Ketua Dewan Perwakilan Daerah Partai Amanat Nasional (DPP-PAN) Pesisir Selatan, dan pada Senin 17 September 2018 ia resmi mengundurkan diri karena berbeda sikap dalam mendukung calon presiden dan wakil presiden pada pemilihan umum 2019.

Menurutnya kabupaten yang saat ini dipimpinnya masih membutuhkan banyak pembangunan infrastruktur seperti pembangunan rumah layak. Ia mencatat pada saat ia baru menjabat sebagai bupati setidaknya terdapat 6.500 unit rumah tidak layak di daerah itu.

Selanjutnya ia aktif menjalin komunikasi dengan pemerintah pusat dan akhirnya digelontorkan anggaran untuk membangun rumah layak sebanyak 1.515 unit.

Berikutnya, karena daerah setempat memiliki garis pantai lebih kurang 243 kilometer masih dibutuhkan pemasangan batu penahan ombak untuk mengamankan pemukiman warga.

Berikutnya, masih dibutuhkan irigasi untuk memaksimalkan sawah-sawah di daerah setempat yang luasnya mencapai mencapai 31 ribu hektare dan diantaranya sekitar 7 ribu hektare masih merupakan sawah tadah hujan.

"Masih banyak yang harus dituntaskan, maka dari itu saya saat ini ingin fokus memikirkan kelanjutan pembangunan di Pesisir Selatan," katanya lagi.

Kendati demikian ia mengklaim selang tiga tahun terakhir daerah setempat telah mendapat kucuran anggaran pembangunan dari pemerintah pusat lebih kurang Ro3 triliun.

Anggaran itu diperuntukan untuk membangun jalan lintas sumatera Padang-Bengkulu, jalan di Kawasan Wisata Bahari Terpadu Mandeh, batu penahan ombak di beberapa titik, jembatan Nyiur Gading, rumah layak, dan lain sebagainya.

"Saya akan terus intens menjemput berbagai program pembangunan ke pusat sehingga pembangunan di Pesisir Selatan tidak hanya akan mampu menyamai pembangunan kabupaten/kota di Sumatera Barat namun mampu melampuinya, semoga," katanya lagi. (*)