Pemkab Pasaman gelar bursa inovasi desa

id Inovasi desa

Pemkab Pasaman gelar bursa inovasi desa

Bupati Yusuf Lubis foto bersama dengan Forkopimda Pasaman usai acara (Ist)

Lubuk Sikaping, (Antaranews Sumbar)- Dinas Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Kabupaten Pasaman, gelar bursa inovasi desa pada 2018.

Pelaksanaan bursa inovasi desa ini diselenggarakan di Gedung Syamsiar Thaib, Lubuksikaping, Rabu (10/10).

Tiga bidang inovasi desa, yakni sumber daya manusia, infrastruktur, ekonomi dan kewirausahaan jadi topik utama pembahasan dalam rangka meningkatkan kualitas pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di nagari

Kepala DPM Kabupaten Pasaman, M Ikhsan mengatakan, pelaksanaan bursa inovasi desa memberi inspirasi dan alternatif pilihan kegiatan bagi pembangunan nagari sehingga kualitas pembangunan meningkat.

"Kegiatan bursa inovasi desa ini, menjembatani kebutuhan nagari akan solusi bagi penyelesaian masalah. Ini jadi alternatif kegiatan pembangunan nagari agar penggunaan dana desa lebih efektif dan inovatif," kata Ikhsan didampingi Kabid Ketahanan Masyarakat dan Sosial Budaya, Jhonneri.

Lewat kegiatan itu pula, kata dia, diharapkan terbangun komitmen antara pemerintah daerah dengan nagari untuk mengadopsi dan mereplikasi kegiatan inovasi desa.

"Komitmen itu bisa saja dalam bentuk kebijakan dan dukungan pembiayaan melalui APBD dan APB nagari," katanya.

Bursa Inovasi Desa, kata Ikhsan juga menjadi ajang memperkenalkan inovatif masyarakat yang berkembang di desa dalam menyelesaikan masalah dan mendukung peningkatan kualitas pembangunan.

"Jadi, nagari bisa saja mengadopsi inisiatif dan inovasi yang diperoleh dalam bursa inovasi desa ini," ucapnya.

Kegiatan bursa inovasi desa ini diikuti oleh 285 peserta. Terdiri atas, OPD terkait, camat, walinagari, Bamus, pemuka masyarakat, pendamping P3MD, tim pengelola inovasi desa (TPID) tingkat kecamatan dan penyedia peningkatan kapasitas teknis desa (P2KTD).

Turut hadir, Bupati Pasaman, Yusuf Lubis, Kabid Ketahanan Masyarakat DPMD Provinsi Sumbar, Aswar, unsur Forkopimda, sejumlah Kepala OPD.