Pariaman siapkan program satu rumah satu sarjana

id genius umar

Pariaman siapkan program satu rumah satu sarjana

Pasangan Wali Kota-Wakil Wali Kota Pariaman dilantik gubernur. (ANTARASUMBAR/Istimewa)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Kota Pariaman, Sumatera Barat menyiapkan program unggulan bidang pendidikan yaitu satu rumah satu sarjana untuk keluarga miskin guna meningkatkan kesejahteraan dan sumber daya manusia (SDM) masyarakat.

"Ini program prioritas yang kami upayakan bisa terlaksana dan terus berlanjut," kata Wali Kota Genius Umar usai dilantik oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Padang, Selasa.

Menurutnya program itu bertujuan untuk memperkuat sumber daya manusia (SDM) keluarga kurang mampu hingga bisa secara mandiri meningkatkan kesejahteraannya.

Karena itu pendidikan tinggi yang dipilih adalah yang menunjang untuk keahlian sehingga bisa siap terjun ke lapangan kerja setelah lulus.

"Mereka ada keahlian. Bisa buka usaha sendiri atau bekerja di perusahaan besar. Sehingga, mereka tidak perlu menunggu-nunggu lagi untuk melamar kerja. Sebab keahlian itu yang akan membawa mereka untuk bekerja. Maka, semua rumah kita targetkan memiliki sarjana," katanya.

Saat ini menurut Genius sudah ada 15 orang anak keluarga kurang mampu yang dikuliahkan di Politeknik Negeri Padang.

Ke depan pihaknya akan berupaya menjalin kerjasama dengan kampus lain untuk merealisasikan program tersebut.

Selain program pendidikan itu dalam 100 hari ke depan pasangan Genius Umar-Mardison Mahyuddin juga fokus pada beberapa bidang diantaranya pariwisata, dan kesehatan.

"Untuk pariwisata akan kembali menata ulang kawasan objek wisata serta menambah destinasi wisata baru. Sehingga, kunjungan wisata ke Pariaman akan terus meningkat," ujarnya.

Pelantikan pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pariaman, Genius Umar-Mardison Mahyuddin bersamaan dengan pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran dan Asrul di Padang. (*)