Untuk menciptakan tenaga kerja mumpuni, Kemnagker bantu Dharmasraya pelaralatn pelatihan kerja

id Kemenagker RI,Pelatihan Calon Tenaga Kerja

Untuk menciptakan tenaga kerja mumpuni, Kemnagker bantu Dharmasraya pelaralatn pelatihan kerja

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi setempat, Yefrinaldi. (ANTARA SUMBAR/Ilka Saputra)

Pulau Punjung, (Antaranews Sumbar) - Kementerian Ketenagakerjaan RI pada tahun ini membantu Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar), berupa peralatan pelatihan kerja senilai Rp2,5 miliar.

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi setempat, Yefrinaldi di Pulau Punjung, Senin, mengatakan bantuan tersebut terdiri dari empat paket, diantaranya peralatan kejuruan las, peralatan TIK, peralatan otomotif, dan peralatan pengolahan tata boga.

"Bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan pelaksanaan dan proses pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) Sungai Dareh," ujarnya.

Ia mengatakan bantuan itu diperoleh hasil pengusulan yang diajukan Pemkab Dharmasraya ke Pemerintah Pusat melalui Kementerian Ketenagakerjaan pada 2017.

"Tim dari kementerian turun melakukan survei untuk menentukan kelayakan, alhamdulillah di setujui dan memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan peralatan pelatihan tahun ini," ujarnya.

Menurut dia tidak seimbangnya antara pencari kerja dengan lapangan kerja yang tumbuh menyebabkan pengangguran terbuka meningkat.

Sehingga permasalahan ketenagakerjaan menjadi urusan bersama antara pemerintah pusat dan daerah, lanjutnya.

Rendahnya pertumbuhan lapangan kerja, katanya mendorong pemerintah pusat melakukan terobosan dengan memberi bantuan peralatan pelatihan guna meningkatkan hasil pelatihan.

"Kami berharap dengan bantuan peralatan ini dapat melahirkan tenaga kerja profesional melalui kecakapan, keahlian, sikap, dan moralitas,". katanya. (*)