Solok Raih Penghargaan Level 3 Maturitas SPIP

id Penghargaan

Solok Raih Penghargaan Level 3 Maturitas SPIP

Wakil Wali Kota Solok, Reinier saat menerima penghargaan di Padang (Ist) (-)

Solok, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota (Pemkot) Solok, berhasil meraih penghargaan atas Pencapaian level 3 Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) yang diterima langsung oleh Wakil Wali Kota Solok Reinier, di Aula Kantor Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sumatera Barat, Rabu (3/10).

"Maturitas SPIP adalah Tingkat kematangan penyelenggaraan SPIP dalam mencapai tujuan pengendalian intern, yang ditandai oleh eksistensi control design yang bersifat hard control dan soft control," kata Wakil Wali Kota Solok, Reinier di Solok, Minggu.

Ia menjelaskan maturitas SPIP menunjukkan ukuran kualitas dari sistem pengendalian intern pada suatu organisasi. Hal ini menjadi bukti atas kerja keras dalam keseriusan inspektorat.

"Kami berharap penghargaan ini menjadi motivasi bagi pemerintah daerah agar nantinya Kota Solok dapat meningkatkan lagi kinerja dan bisa mencapai level tertinggi,” ujarnya.

Wali Kota Solok, Zul Eflian juga bersyukur atas penghargaan yg dicapai, Karena mencapai maturitas level 3 bukan hal yang mudah, apalagi untuk tingkat Sumatera Barat.

Ia berharap penghargaan yang sekaligus menjadi tanggung jawab ini harus dijalankan, dan tentunya apa yang dicapai harus dapat diimplementasikan dalam penyelenggaran pemerintahan.

Level Maturitas dibagi ke dalam 5 level yaitu,

pertama rintisan, praktik pengendalian intern bersifat ad hoc dan tidak terorganisasi serta tanpa komunikasi dan pemantauan. Kedua, berkembang, praktik pengendalian tidak terdokumentasi dengan baik dan belum ada evaluasi efektivitasnya.

Ketiga, terdefinisi, praktik pengendalian telah terdokumentasi namun evaluasinya tanpa dokumentasi memadai.

Keempat, terkelola dan terukur; pengendalian intern diterapkan dengan efektif dan ada evaluasi formal yang terdokumentasi. Kelima Optimum, pengendalian intern diterapkan dengan berkelanjutan, terintegrasi dalam pelaksanaan kegiatan dan didukung pemantauan otomatis.

Sementara, Kepala Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah, Gatot Darmasto, menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada daerah yang telah berhasil meraih penghargaan tersebut.

“Saya turut apresiasi setinggi-tingginya daerah yang berhasil meraih penghargaan, semoga dengan pencapaian ini pemerintah daerah dapat mempertahankan serta menigkatkan lagi menjadi level yang paling tinggi," ujarnya.

Disisi lain, Kepala BPKP Sumbar, Danny Amanda mengatakan telah mengembangkan sistem perencanaan.

"Semoga capaian ini dapat dipertahankan. Tentunya diharapkan dapat mencegah berbagai bentuk penyimpangan," katanya.***