900 Nelayan Agam dapat bantuan Asuransi jiwa

id kepala dinas kelautan dan ketahanan pangan agam

900 Nelayan Agam dapat bantuan Asuransi jiwa

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan pangan Agam, Ermanto (-)

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Sebanyak 900 dari 1.300 orang nelayan di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mendapatkan bantuan berupa asuransi jiwa dari Kementerian Kelautan Perikanan pada 2018.

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Agam, Ermanto di Lubukbasung, Minggu, mengatakan, nelayan itu tersebar di Nagari Tiku Selatan dan Tiku Lima Jorong Kecamatan Tanjungmutiara.

"Saat ini asuransi itu sedang proses tender oleh pemerintah pusat dan dalam waktu dekat asuransi itu akan diserahkan ke Agam," katanya.

Asuransi akan melindungi nelayan dari kecelakaan akibat aktivitas penangkapan ikan, berupa uang pertanggungan untuk kematian dan cacat.

Sementara uang yang mereka terima nantinya tergantung usia dan tanggung mereka.

"Apabila usia nelayan sudah tua dan memiliki tangunggan sedikit, maka uang yang mereka terima hanya sedikit. Apabila usia masih muda dan memiliki tangunggan banyak maka uang yang diterima akan lebih banyak," katanya.

Uang pertanggungan itu, untuk nelayan yang meninggal saat melaut senilai Rp200 juta, cacat tetap Rp100 juta, dan biaya pengobatan Rp20 juta.

Pada 2017 sebanyak empat orang nelayan mendapatkan premi asuransi akibat meninggal dunia.

Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Membangun Bersama Membela Bangsa Agam, Lukman, berharap pemerintah setempat untuk memberikan asuransi itu kepada nelayan yang layak untuk mendapatkan asuransi tersebut.

Selain itu, mereka yang mendapat asuransi tersebut memang orang yang benar-benar melakukan aktivitas menangkap ikan setiap harinya.

"Ini untuk melindungi mereka saat kecelakaan di laut dalam melakukan aktivitas menangkap ikan," katanya. ***