Dua KRI akan "rebut" kembali Pantai Muaro Lasak yang dikuasai musuh

id hut TNI,KRI

Dua KRI akan "rebut" kembali Pantai Muaro Lasak yang dikuasai musuh

Ilustrasi KRi. (Antara Foto)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Dua Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) akan dikerahkan ke perairan pantai Muaro Lasak, Padang, Sumatera Barat (Sumbar), pada Minggu (7/10) memeriahkan peringatan HUT TNI ke-73 .

"Dua KRI yang akan dikerahkan ke lokasi dalah KRI Kurau dan KRI Kala Hitam," kata Komandan Lantamal II Padang Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman, didampingi Komandan Satuan Kapal Patroli Kolonel Laut (P) Joko Triwanto, di Padang, Sabtu.

Dua KRI tersebut pada Minggu akan memperagakan cara TNI menguasai daratan dalam situasi peperangan.

"Ilustrasinya daratan sudah dikuasai oleh musuh, maka dilakukan upaya untuk merebutnya kembali melalui laut dengan unsur KRI," katanya.

Skenarionya kedua KRI berusaha melumpuhkan benteng-benteng dan kekuatan lawan yang nampak di daratan.

Setelah benteng dilumpuhkan maka akan diturunkan pasukan pembuka jalan dari KRI menuju daratan yang telah diserang.

"Pasukan tersebut untuk melumpuhkan seandainya masih ada musuh yang tersisa, dan memastikan kalau lokasi benar-benar steril sehingga bisa dimasuki oleh pasukan," katanya.

Ia mengatakan peragaan itu akan dilaksanakan sekitar 20 personel Marinir, serta tim F1QR sebagai pasukan gerak cepat.

"Peragaan ini akan menarik bagi masyarakat, dan mereka bisa tahu kekuatan yang dimiliki oleh tentara, sehingga merasa aman dan makin mencintai TNI," katanya.

Peragaan penyerangan itu rencananya akan dimulai pada Minggu, sekitar pukul 08.00 WIB.

"Saat peragaan berlangsung, perairan radius dua mil dari titik kegiatan akan disterilkan dari kapal lain," jelasnya.

Kegiatan akan dilanjutkan dengan parade Sailing Pass yang dilaksanakan oleh KRI, kapal milik Kepolisian, kapal KPLP, kapal Kantor Pecarian dan Penyelamatan Padang.

Peragaan penyerangan serta sailing pass merupakan rangkaian kegiatan HUT TNI ke-73 yang digelar di Monumen Merpati Perdamaian, Pantai Muaro Lasak, Padang.

Peringatan HUT digelar tiga hari berturut-turut sejak dibuka secara resmi oleh Komandan Lantamal Padang pada Jumat (5/10), sampai Minggu (7/10).

Sejak Jumat juga telah digelar pameran Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista) berupa senjata, dan perlatan lainnya.

Setidaknya ada enam tenda utama yang didirikan untuk memamerkan berbagai alutsista milik TNI Angkatan Laut, Angkatan Udara, Angkatan Darat, Polri, serta peralatan dari Kantor Pencarian dan Penyelamatan Padang, serta BMKG.