KONI Pasaman targetkan masuk 10 besar di Porprov ke-XV

id Koni Pasaman

KONI Pasaman targetkan masuk 10 besar di Porprov ke-XV

KONI Pasaman diwakili Edwin Burhan menyerahkan data atlet kepada panitia Porprov ke XV di Padang Pariaman. (Ist)

Lubuk Sikaping (Antaranews Sumbar) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Pasaman, daftarkan 305 atlet dari 27 cabang olahraga yang akan diikuti pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-XV Sumatera Barat di Padang Pariaman, pada 15-25 November 2018 dengan target masuk 10 besar.

Ketua KONI Kabupaten Pasaman, Ahmad Zein melalui Tenaga Ahli KONI setempat, Edwin Burhan mengatakan, pihaknya sudah mendaftarkan 305 atlet, 69 pelatih, 27 official pada ajang Porprov Sumatera Barat ke-XV di Padang Pariaman.

"Untuk ajang Porprov ini, kita mengikuti 27 cabang olahraga dari 35 cabor yang dipertandingkan oleh panitia pada event Porprov ke-15 besok. Jika ditotal, semuanya berjumlah 401 orang. Terdiri atas, atlet, pelatih dan official," kata Edwin di Lubuk Sikaping, Jumat.

Diajang Porprov nanti, KONI Pasaman menargetkan Kabupaten itu masuk peringkat 10 besar terbaik.

Naik lima peringkat dibandingkan pada ajang yang sama dua tahun lalu, yaitu bertengger diposisi 15 besar.

"Porprov ke-14 di Padang pada 2016, kita berada diposisi ke-15. Dengan toreha medali 15 emas, 19 perak dan 29 perunggu dari 24 cabor yang kita ikuti," ungkap Edwin.

Edwin menambahkan, sebanyak enam cabang olahraga dari 27 cabor yang didaftarkan pada event itu memiliki peluang besar meraih emas.

Keenam cabang olahraga itu, kata Edwin, yakni taekwondo, senam, atletik, judo, tarung derajat dan pencak silat serta menembak.

"Tujuh cabor ini, Insyallah berpotensi raih emas. Hal yang sama juga kita harapkan dari cabor-cabor lain yang sudah kita daftarkan tetap memberi hasil terbaik," ujar Edwin.

Berbagai persiapan sudah dilakukan oleh KONI bersama masing-masing cabang olahraga. Bahkan, kata dia, sejumlah cabang olahraga sudah memulai pemusatan latihan.

"Dalam waktu dekat, seluruh official dan pelatih akang mengikuti teknikal meeting di Padang Pariaman. Setelah itu, pengukuhan kontingen sekaligus memulai training centre (Pemusatan Latihan) oleh Bupati Pasaman. Tc berjalan ini berlangsung selama 20 hari lamanya," kata Edwin.

Disinggung soal bonus, untuk memotivasi para atlet giat dalam berlatih dan semangat dalam bertanding esok, Edwin belum bisa menjelaskan.

Namun, ia menggambarkan bahwa bonus bagi atlet berprestasi tetap akan disediakan oleh pemerintah daerah.

"Bonus itu pasti adalah. Nilainya tidak akan jauh dari yang sebelum-sebelumnya," ucap Edwin.

Merujuk pada penyelenggaraan Porprov sebelumnya, Pemkab Pasaman menyediakan bonus bagi para atlet peraih medali emas, perak dan perunggu. Nilainya mencapai Rp50 juta untuk atlet peraih emas, 15 juta perak dan 10 juta perunggu.

Demikian pula bagi pelatih, yakni Rp8 juta untuk pelatih peraih medali emas, Rp6 juta untuk medali perak dan Rp5 juta peraih medali perunggu.

Berikut 27 cabang olahraga yang diikuti Kabupaten Pasaman pada ajang Porprov XV Sumatera Barat di Padang Pariaman, 15-25 November 2018, yaitu Atletik, Angkat berat, Arung jeram, Bulu tangkis, Bola basket, Bola voli/Voli pasir.

Balap motor, Bridge, Catur, Dayung, Futsal, Gulat, Judo, Karate, Menembak, Panjat tebing, Pencak silat, Senam, Sepak bola, Sepak takraw, Sepatu roda, Soft tenis, Taek wondo, Tarung derajat, Tinju, Tenis lapangan, Tenis meja.