Perguruan silat berbagai negara akan ikuti Festival Silat Internasional di Payakumbuh

id silat

Perguruan silat berbagai negara akan ikuti Festival Silat Internasional di Payakumbuh

Salah satu penampilan perguruan silat di Sumbar. (Antara Sumbar/ist)

Payakumbuh, (Antaranews Sumbar) - Sejumlah perguruan silat dari berbagai negara akan ikuti Festival Silat Internasional di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat yang akan digelar pada 12-15 Oktober 2018.

Kepala Taman Budaya Sumatera Barat, Muasri di Payakumbuh, Senin, mengatakan beberapa perguruan silat yang sudah menyatakan ikut dari Singapura, Vietnam, bahkan Brazil juga menyatakan siap mengikuti kegiatan tersebut.

Ia menerangkan ada tiga jenis festival silat yang akan digelar dalam kegiatan itu, yakni Gelanggang Anak Nagari, Gelanggang Nasional, dan terakhir Gelanggang Internasional.

Untuk gelanggang anak nagari yang pesertanya berasal dari perguruan silat utusan pengkab/pengkot IPSI se-Sumatera Barat, hadiahnya akan diberikan dalam bentuk uang.

Dengan kegiatan ini diharapkan dapat menggerakkan sektor ekonomi Payakumbuh, karena hotel, restoran, pedagang kaki lima, dan kuliner akan ramai.

Karena itu sebagian besar kebutuhan festival ini akan ambil dari Payakumbuh, termasuk kebutuhan konsumsi, hotel, dan kulinernya.

Kepala Bidang Humas Diskominfo Payakumbuh, Irwan Suwandi menyebutkan even besar ini akan digarap semaksimal mungkin, termasuk dengan publikasi yang gencar agar informasinya diketahui secara luas.

Ia mengapresiasi Pemprov Sumbar membawa even ini ke Kota Payakumbuh, karena akan membawa manfaat besar bagi daerah, termasuk sektor ekonomi dan pariwisata. (*)