Pemkot Solok bentuk Pos UKK wujudkan kesehatan berbasis masyarakat

id Pos UKK,Wakil Wali Kota Solok,Reinier

Pemkot Solok bentuk Pos UKK wujudkan kesehatan berbasis masyarakat

Wakil Wali Kota Solok, Reinier saat meresmikan pos UKK di Kota Solok. (ANTARA SUMBAR/Istimewa)

Solok, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota (Pemkot) Solok, Sumatera Barat menghadirkan layanan pos Upaya Kesehatan Kerja (UKK) untuk mendorong upaya peningkatan kesehatan berbasis masyarakat di wilayah itu.

Keempat pos UKK yang sudah ada, diantaranya pos UKK Harapan bangsa di Kelurahan Pasir Pandan Air Mati (PPA), Sarang Alang di Kelurahan Laing, Elok Basamo di Kelurahan Aro IV Lorong dan Wanita Sepakat Aie Masin Kelurahan Tanah Garam, kata Wakil Wali Kota Solok, Reinier di Solok, Senin.

Ia mengatakan, penerapan pos UKK di tengah masyarakat merupakan upaya kongkret dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan menggunakan sumber daya dan potensi yang ada.

Informasi dan sosialisasi kesehatan perlu disampaikan secara menyeluruh kepada masyarakat, selama ini, lanjutnya informasi semacam itu belum menyentuh seluruh segmen masyarakat.

"Tentunya, besar harapan kita kepada ibu-ibu kader UKK Kota Solok untuk lebih cepat memberikan dan menyebarkan informasi kesehatan kepada masyarakat," katanya.

Ia berharap, pos UKK yang didirikan bisa menjawab kebutuhan masyarakat akan informasi kesehatan. Kader dan pihak terkait harus bergerak aktif dalam menyukseskan seluruh program kesehatan yang ada di Kota Solok.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan setempat, Ambun Kadri menjelaskan, pos UKK merupakan upaya kesehatan kerja bagi pekerja informal yang bersumberdaya dari dan oleh masyarakat pekerja informal tersebut.

Kegiatan yang diupayakan meliputi upaya promotif, preventif dan pengobatan sederhana yang bersifat pertolongan pertama pada kecelakaan kerja dan pertolongan pertama penanganan penyakit.

Menurutnya, setiap jenis pekerjaan baik formal maupun informal memiliki resiko yang dapat mengganggu kesehatan. Para pekerja perlu diberikan penyegaran dan informasi terkait bahaya lingkungan kerja.

"Dengan adanya pos UKK ini, diharapkan membantu tenaga produktif yang bekerja di sektor formal dan informal Kota Solok bisa mencegah berbagai penyakit sehingga tetap sehat dan produktif," ujarnya. (*)