Rencana penerimaan bantuan internasional, Wapres: pemerintah sedang membahas

id Jusuf Kalla,Gempa Palu,Bantuan Internasional

Rencana penerimaan bantuan internasional, Wapres: pemerintah sedang membahas

Wakil Presiden RI Jusuf kalla. (INASGOC/Wahyudin/MTG/18/)

Jakarta, (Antaranews Sumbar) - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan Pemerintah sedang membahas rencana penerimaan bantuan internasional untuk pemulihan Palu dan sekitarnya pascagempa bumi dan tsunami.

"Lagi dibicarakan," kata Wapres Jusuf Kalla usai menghadiri HUT DPD RI di Parlemen Senayan Jakarta, Senin.

Sementara itu, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menginformasikan adanya rencana penerimaan bantuan internasional untuk pemulihan Palu dan sekitarnya.

"Saya baru saja japri dengan Bu Menlu di New York, beliau mengatakan bahwa Presiden telah menyatakan menerima bantuan internasional sesuai kebutuhan kita. Artinya kita welcome dengan tawaran internasional," kata Sutopo dalam pesan singkat yang diterima di Jakarta, Senin siang.

Mekanisme penerimaan bantuan internasional tersebut berada di bawah koordinasi Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam) Wiranto, yang saat ini sedang berlangsung pembahasan mengenai hal tersebut.

Baca juga: Menkeu pastikan dana bantuan gempa Palu Rp560 miliar sudah cair

"Mekanisme dan prosedur sedang disiapkan BNPB dan Kemenlu, sesuai dengan peraturan yang ada. Nanti akan dikoordinir Menkopolhukam," tambah Sutopo.

Penerimaan bantuan internasional tersebut, katanya, tidak harus menunggu penetapan status bencana nasional oleh Pemerintah. Sehingga, bantuan dari negara luar negeri tetap dapat diterima dengan status tanggap darurat seperti saat ini.

Baca juga: Korea beri bantuan kemanusiaan sejuta dolar AS untuk korban gempa Palu

"Declare bantuan internasional itu tidak harus status bencana nasional. Presiden tidak men-'declare' status bencana nasional. Jadi gempa dan tsunami di Sulteng bukan bencana nasional," ujarnya. (*)

Baca juga: Penjelasan Mendagri soal korban gempa mengambil makanan di supermarket

Baca juga: Glenn Fredly sumbang sebagian hasil konser untuk korban gempa Palu