Ini ajakan bupati untuk memajukan pendidikan

id Pendidikan

Ini ajakan bupati untuk memajukan pendidikan

Bupati Pasaman Barat, Syahiran (tengah) foto bersama dengan kepala sekolah se-Sumbar saat MKKS di Simpang Empat, Minggu (30/9). Antara Sumbar/Altas Maulana

Simpang Empat, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) mengharapkan kepala sekolah dan guru bisa kompak dalam memajukan pendidikan di daerah itu.

"Pendidikan sangat penting. Kemajuan pendidikan tentu dipengaruhi banyak faktor. Salah satunya adalah kekompakan kepala sekolah, guru dan pihak terkait dalam memajukan dunia pendidikan," kata Bupati Pasaman Barat, Syahiran saat menghadiri Musyawarah Kerja Kepala sekolah (MKKS) SMP Se-Provinsi Sumbar, di Simpang Empat, Minggu.

Ia mengatakan dalam rangka peningkatan kinerja kepala sekolah sebagai ujung tombak terjadinya perubahan di sekolah.

Organisasi profesi keguruan ini bersifat independent dan berfungsi memajukan profesi, meningkatkan kompetensi, karier, wawasan pendidikan, kesejahteraan dan pegabdian terhadap masyarakat dan tetap memperhatikan perkembangan para siswa.

"Setiap satuan pendidikan harus memberikan layanan yang dapat memfasilitasi perkembangan pribadi siswa secara optimal berupa pegajaran dikelas, pemahaman mengenai hal-hal yang berkaitan dengan profesi keguruan yang harus diprioritaskan," sebutnya.

Ia menyebutkan Pasaman Barat ke depan berkomitmen ingin sejajar dengan kabupaten/kota di Sumbar dalam hal memajukan pendidikan.

Ia berharap kepada para guru untuk tidak tersandung dengan masalah hukum dan selalu mengawasi para murid dengan ketat jangan sampai terjerumus kepada narkoba dan minuman keras.

"Maka dari itu mari kita jaga bersama-sama anak kita dari ancaman narkoba yang bisa merusak mental dan moralnya," harapnya.

Ketua MKKS Pasaman Barat, Yusril menyampaikan peserta yang mengikuti MKKS ini sebanyak 340 orang peserta dari 19 Kabupaten/Kota yang ada di Sumbar.

"Kegiatan ini kita adakan satu kali dalam dua bulan dalam rangka membahas sektor pendidikan yang ada," katanya.

Dalam kesempatan itu juga di hadiri oleh Ketua TP. PKK Pasaman Barat, Yunisra Syahiran, Ketua MKKS Sumbar, Suardi, Kepala Dinas Pendidikan Pasaman Barat, Marimus, Kepala Dinas Sosial, Marwazi, Kepala Bagian Humas, Yosmar Difia dan seluruh Kepala Sekolah SMP Se-Sumbar.