Legislator harapkan lomba Maraton Padang Pariaman masuk agenda PASI

id maraton

Legislator harapkan lomba Maraton Padang Pariaman masuk agenda PASI

Anggota DPR RI John Kenedy Azis (kiri) melepas peserta Lomba Maraton 10 kilometer tingkat Sumatera Barat pemuda Kecamatan V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman yang di pemuda Kecamatan V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman, Minggu (30/9). ((ANTARA SUMBAR/Aadiaat M.S))



Parit Malintang, (Antaranews Sumbar) - Anggota DPR RI John Kenedy Azis berharap menggelar Lomba Maraton tingkat provinsi yang digelar di Padang Pariaman bisa masuk dalam agenda Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI)

"Kegiatan ini bagus karena dapat menciptakan bibit atlet baru," kata dia usai melepas peserta Lomba Maraton 10 kilometer tingkat Sumbar di V Koto Timur, Minggu.

Ia mengatakan meskipun kegiatan tersebut dilaksanakan di kawasan perkampungan namun melihat dari geografis yang berbukit maka dapat menjadi keunggulan tersendiri.

Namun, lanjutnya meskipun dilaksanakan di perkampungan namun tidak menutup kemungkinan akan lahirnya atlet-atlet potensial.

"Bahkan justru di perkampungan lahirnya atlit terbaik seperti Lalu Muhamad Zohri yang mengharumkan Indonesia ke tingkat internasional," katanya.

Oleh karena itu lomba maraton yang diikuti oleh ratusan perserta tersebut dapat terdaftar di agenda PASI karena selain mencari atlet baru juga dapat meningkatkan perekonomian warga setempat.

"Nantinya banyak orang akan datang, hal ini dapat dimanfaatkan," ujarnya.

Apalagi, menurutnya dengan adanya even tersebut maka pemuda setempat lebih banyak berlatih sehingga dapat mengurangi potensi kenakalan remaja dan pengaruh negatif lainnya.

"Jadi narkoba dan pergaualan negatif lainnya dapat menghilang," kata dia.

Sementara itu Ketua Pelaksana Lomba Maraton tingkat Sumbar, Heri Martoni mengatakan kegiatan tersebut merupakan salah satu kegiatan mendukung Pekan Olahraga Provinsi yang XV yang akan dilaksanakan di Padang Pariaman.

"Meskipun pertama kali dilaksanakan namun dapat terlaksana dengan baik karena adanya dukungan dari banyak pihak," ujar dia.

Ia menyatakan lomba tersebut akan menjadi kegiatan tahunan untuk membawa pemuda di daerah itu ke ke arah positif.

Sedangkan pihak pendukung tersebut yaitu Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Padang Pariaman karena lokasinya berada di Kampung KB.

Kepala DPPKB Yutiardi Rivai mengatakan pihaknya mendukung dan mengapresiasi pemuda di daerah itu karena mendukung program Kampung KB.

"Inilah tujuan dibentuknya Kampung KB yaitu menggerakkan warga untuk membuat kegiatan positif," tambahnya.

Pemenang Lomba Maraton putra tersebut yaitu pertama Rolly Wilefi asal Pariaman dengan catatan waktu 41 menit 16 detik, kedua Hafif Fulhadi asal Padang Pariaman dengan waktu 42 menit 24 detik, dan ketiga Ade Saputra asal Padang dengan waktu 43 menit 30 detik.

Sedangkan Pemenang Lomba Maraton putri yaitu Nada Fauziah asal Padang catatan waktu 58 menit 09 detik, kedua Wasarifa asal Padang dengan waktu 59 menit 12 detik, ketiga Titi nadila Putri asal Pasaman catatan waktu 59 menit 42 detik.