UNP sudah terapkan 750 mata kuliah sistem online

id UNP

Seminar nasional tentang pembelajaran daring di FIP UNP (Ist)

Padang (Antaranews Sumbar) - Universitas Negeri Padang (UNP) sudah menerapkan sistem pembelajaran online untuk 750 mata kuliah pada tahun ini, bentuk menyikapi era revolusi industri 4.0.

"Penerapan sistem pembelajaran daring atau online harus dimulai secara bertahap dan tak mesti menunggu semua SDM siap keseluruhan siap, kapan jalannya. Seperti UNP sudah melatih sebanyak 750 orang tenaga pendidik untuk menerapkan kuliah daring," kata Pakar Pendidikan Prof. Dr. Paulina Pannen, M.Ls, usai seminar di Fakultas Ilmu Pendidikan UNP,Sabtu.

Program studi Teknologi Pendidikan FIP UNP menggelar seminar nasional dengan tema "Mempersiapkan tenaga Pendidik menghadapi era revolusi industri 4.0 dan pembelajaran online," di buka oleh Wakil Rektor IV Prof. Dr. Syahrial Bakhtiar, turun hadir Dekan FIP UNP Dr. Alwen Bentri dan narasumber lainnya Dr. Benny A. Pribadi, MA. Yang merupakan pakar teknologi pendidikan dan penulis buku pendidikan.

Paulina berharap, setiap jenjang pendidikan harus mulai menuju penerapan pembelajaran online, karena sudah menjadi tuntutan.

Jadi, tidak mesti menunggu semuanya sudah lengkap baru jalan, namun harus dimulai secara bertahap melatih tenaga pendidiknya dan menyiapkan sistemnya.

"Misalnya di satu SMA ada jumlah tenaga pendidik 30 orang, dilatih 10 orang dulu dan secara bertahap dilakukan demikian. Kalau sekaligus tentu akan berat dan mahal biaya. Akan tetapi sejak sekarang sudah mulai menuju penerapan sistem pembelajaran daring. Tidak diam saja," katanya.

Terkait mendorong jenjang SMA ke bawah, tambahnya, domainnya Kemdikbud dan sebenarnya sudah dimulai belajar sistem daring, bahkan ada pendidikan nor formal seperti kursus menjahit ada yang telah online.

Menyinggung PTS dalam penerapan pembelajaran online, menurut dia, silahkan karena aturan sudah disiapkan dan juga ada hibah-hibah pemerintah dalam menunjang pendidikan di era revolusi industri 4.0.

Ia juga mengapresiasi, apa yang sudah dilakukan oleh UNP karena secara bertahap sudah membekali tenaga pendidiknya sampai 750 orang untuk membuat mata kuliah online.

Ia juga mengapresiasi, apa yang sudah dilakukan oleh UNP karena secara bertahap sudah membekali tenaga pendidiknya sampai 750 orang untuk membuat mata kuliah online.

Seminar nasional tentang pembelajaran daring di FIP UNP (Ist)


Sebekumnya Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan, Dr. Alwen Bentri, M.Pd menggungkapkan seminar yang diselenggarakan Prodi TP ini dipandang urgen dalam rangka memberikan informasi kepada masyarakat ilmiah khususnya guru, tenaga pendidik.

Selain itu, juga pada mahasiswa tentang kompetensi yang harus dimiliki guna menghadapi era revolusi industri 4.0.

Rektor UNP dan Dekan mendukung penyelenggaraan seminar karena bagian dari kegiatan akademik yang sangat penting guna memberikan informasi dan juga bagian dari program di jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan.

Tema mempersiapkan kompetensi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dalam menghadapi era revolusi industri dinilai penting, karena banyak yang harus diubah.

Zaman juga terus berkembang, salah satunya adalah menonjolkan life skill dan juga creative thingking, kata Alwen didampingi Ketua Pelaksana Dr. Abna Hidayati, M.Pd.*

Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar