Tiga provinsi meriahkan Festival Serambi Madinah

id Festival

Tiga provinsi meriahkan Festival Serambi Madinah

Salah satu lokasi festival Serambi Madinah di Kota Solok. (Antara/ Tri Asmaini). (-)

Solok, (Antaranews Sumbar) - Festival Serambi Madinah di Kota Solok, Sumatera Barat pada 1-4 Oktober 2018 akan diikuti oleh puluhan peserta dari tiga provinsi masing-masing Sumbar, Riau dan Jambi.

"Dari 41 kabupaten dan kota di tiga provinsi yang diundang, 27 daerah telah mengkonfirmasi mengirimkan peserta. Kita yakin pesertanya akan bertambah," kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Kota Solok, Heppy Darmawan di daerah itu, Sabtu.

Festival bernuansa islami itu akan melombakan empat cabang diantaranya Tahfizh Hadist, Pemilihan Da'i Cilik (Pildacil), Bintang Qasidah dan Qasidah Rebbana.

Pelaksanakan kegiatan dibagi di dua tempat. Tahfizh Hadist dan Pildacil dilaksanakan di Masjid Agung Al-Muhsinin, sementara Bintang Qasidah dan Qasidah Rebbana dilaksanakan di Gedung Kubuang Tigo Baleh.

Sejumlah persiapan terus dilakukan pemerintah setempat, mulai penyiapan lokasi lomba, hingga penginapan para peserta yang akan datang dari berbagai daerah.

Pemerintah setempat juga mengajak masyarakat untuk turut serta mensukseskan perhelatan perdana festival Serambi Madinah tersebut.

"Saya berharap kegiatan ini menjadi festival rutin dua tahunan untuk ajang silaturahim muslimin dan meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap Al Quran," katanya.

Festival seperti ini merupakan kegiatan yang pertama kali diangkat Kota Solok demi melekatkan nuansa islami dengan masyarakat. Baik dalam akhlak maupun keseharian masyarakat, sehingga nantinya Kota Solok Serambi Madinah sesuai dengan slogannya.

Kegiatan ini menjadi juga menjadi salah satu latihan pemanasan dan bagian penting jelang perhelatan MTQ tingkat Sumbar ke 38 di Kota Solok pada 2019.*