Pakar TP UNP harus resah dengan tuntutan pembelajaran era revolusi industri 4.0

id Pembelajaran online

Wakil Rektor IV UNP Prof. Dr. Syahrial Bakhtiar (Ist)

Padang (Antaranews Sumbar) - Para Pakar Teknonogi Pendidikan Universitas Negeri Padang (UNP) harus resah dengan tuntutan sistem pembelajaran di era revolusi industri 4.0, kata Wakil Rektor IV UNP Prof. Dr. Syahrial Bakhtiar.

"Keresahan yang dimaksud adalah berkaitan dengan tenaga pendidik digaris terdepan. Apakah mereka sudah mengerti atau belum?," katanya di Padang, Sabtu.

Hal ini disampaikannya saat membuka seminar nasional dengan tema mempersiapkan tenaga Pendidik menghadapi era revolusi industri 4.0 dan pembelajaran online di Aula FIP UNP.

Menurut dia, penting untuk jadi bahan kajian bagi para pakar Teknologi Pendidikan (TP) dan rumusan bagaimana para guru mulai dari Paud, TK, SD, SMP hingga SMA bisa mengerti dan paham tentang pembelaran online.

Karenanya ke depan, kata dia, direncanakan ada pemberian pemahaman untuk guru guru berkaitan dengan pembelajaran era revoluso industri 4.0.

Dalam rangka diesnatalis UNP, rencananya akan memberi tahu guru tentang sistem pembelajaran online.

"Kita akan memperkenalkan kepada guru guru, sekaligus terhadap jurusan membidanginya. Kita harapkan ke depan jurusan TP bisa jadi rumah guru guru di era revolusi mental ini,"ujarnya.

Jadi, ke depan sudah disampaikan ke Dekan FIP agar ada satu unit khusus nantinya untuk melayani para guru-guru yang ingin membuat disain pembelajaran.

"Kalau tidak adanya wadah untuk para guru, kapan lagi mereka bisa mendapatkan informasi, kasihan kita. Dampaknya tentu akan semakin lama anak-anak penerapannya. Selama in kita masih menerapkan dan pembahasan masih dalam batas di kampus," katanya.

Program studi Teknologi Pendidikan FIP UNP menggelar seminar nasional dengan menghadirkan Staf Ahli Kemenristekdikti Prof. Dr. Paulina Pannen, M.Ls, dan juga Dr. Benny A. Pribadi, MA.
Pemberian cenderamata dari Wakil Rektor IV UNP Prof. Dr. Syahrial Bakhtiar narasumber yakni Staf Ahli Kemenristekdikti Prof. Dr. Paulina Pannen, M.Ls, dan juga Dr. Benny A. Pribadi, MA. (Ist)
Yang merupakan pakar teknologi pendidikan dan penulis buku pendidikan.

Peserta terdiri atas para dosen dan mahasiswa begitu antusias mengikuti seminar yang mengupas kemajuan teknologi.

Sebelumnya Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan, Dr. Alwen Bentri, M.Pd menggungkapkan seminar yang diselenggarakan Prodi TP ini dipandang urgen dalam rangka memberikan informasi kepada masyarakat ilmiah khususnya guru, tenaga pendidik.

Selain itu, juga pada mahasiswa tentang kompetensi yang harus dimiliki guna menghadapi era revolusi industri 4.0.

Rektor UNP dan Dekan mendukung penyelenggaraan seminar karena bagian dari kegiatan akademik yang sangat penting guna memberikan informasi dan juga bagian dari program di jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan.

Tema mempersiapkan kompetensi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dalam menghadapi era revolusi industri dinilai penting, karena banyak yang harus diubah.

"Zaman juga terus berkembang, salah satunya adalah menonjolkan life skill dan juga creative thingking," kata Alwen.*
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar