Kalahkan Turki, Jerman tuan rumah Piala Eropa 2024

id Piala Eropa,Jerman

Kalahkan Turki, Jerman tuan rumah Piala Eropa 2024

Bendera Jerman. (id.wikipedia.org)

Jakarta, (Antaranews Sumbar) - Jerman terpilih menjadi tuan rumah Piala Eropa 2024 setelah mengalahkan Turki dalam pemilihan yang digelar di markas badan sepak bola Eropa, UEFA, di Nyon, Swiss, Kamis setempat.

Piala Eropa pernah digelar di Jerman pada 1988, kala itu masih menggunakan nama Jerman Barat, maka edisi 2024 mendatang jadi edisi perdana di kandang Tim Panser tersebut.

Ironisnya, bagi Turki ini kegagalan keempat yang mereka rasakan dalam perburuan menjadi tuan rumah Piala Eropa, setelah mengalami hal serupa untuk edisi 2008, 2012 dan 2016.

"Prosedurnya transparan, pemungutan suara dilakukan secara demokratis. Setiap keputusan demokratis adalah keputusan tepat," kata Presiden UEFA Aleksander Ceferin yang mengumumkan hasil pemungutan suara tersebut.

Duta pencalonan Jerman sebagai tuan rumah, Philip Lahm, meyakini negaranya akan menggelar pesta sepak bola akbar pada 2024 mendatang.

"Kami memiliki stadion yang luar biasa, penonton yang mencintai sepak bola, dan yang tak kalah penting kami punya masyarakat yang begitu senang bisa merayakan sesuatu bersama warga Eropa lainnya," kata mantan kapten timnas Jerman itu.

"Kami akan menggelar pesta sepak bola akbar di Jerman," pungkasnya, demikian Reuters. (*)