Personel Pos Angkatan Laut dibekali pengetahuan intelijen

id Pos AL,Lantamal Padang

Personel Pos Angkatan Laut dibekali pengetahuan intelijen

Komandan Lantamal II Padang, Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman, memberikan pengarahan dalam pembekalan dasar Intelijen yang digelar di Gedung Nanggala Mako Lantamal II Padang, Senin (24/9). (ANTARASumbar/istimewa)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Puluhan personel Pos Angkatan Laut (Posal) serta Pos Pengamat jajaran Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) II Padang, Sumatera Barat, dibekali pengetahuan intelijen untuk mendukung tugas pengamanan wilayah laut.

"Pembekalan tentang dasar intelijen diberikan kepada pengawak Pos Angkatan Laut (Posal), serta Pos Pengamat (Posmat), karena fungsinya sebagai pendeteksi dini dan badan pengumpul informasi bidang maritim," kata Komandan Lantamal II Padang, Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman, di Padang, Senin.

Hal itu disampaikannya usai membuka kegiatan pembekalan dasar intelijen di Gedung Nanggala Mako Lantamal II Padang.

Ia mengatakan pengawasan harus terus ditingkatkan sehingga menjamin rasa aman pada setiap aktivitas di laut.

"Posal adalah ujung tombak dari fungsi intelijen yang mempunyai tugas pokok melaksanakan pengamatan, dan mengantisipasi setiap ancaman keutuhan dan kedaulatan negara," katanya.

Ia juga meminta personel Posal bisa menjalin komunikasi yang baik dengan semua pihak, terutama masyarakat nelayan.

"Personel juga harus menyosialisasikan pengetahuan hukum kepada nelayan, sehingga bisa melakukan aktivitas di laut sesuai aturan," jelasnya.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 22 Komandan Posal dan Posmat meliputi wilayah Sibolga, Nias, Mentawai, dan Bengkulu.

Pembekalan diawali dengan materi dasar intelijen yang disampaikan Asintel Danlantamal II Letkol Laut (P) Taufik Suryo Saptono, lalu dilanjutkan Asops Letkol Laut (P) Cahya Indra, dengan materi tugas-tugas Posal dan Posmat.

Kemudian terdapat materi peran intelijen dalam tingkatkan kinerja Posal, materi potensi maritim, pembekalan Kodal, dan materi hukum. (*)