Alokasikan Rp5,5 miliar, Solok Selatan dukung kemajuan Akademi Komunitas

id akademi kamunitas,pemkab solok selatan,abdul rahman

Wakil Bupati Solok Selatan Abdul Rahman. (ANTARA SUMBAR/Erik Ifansya Akbar)

Padang Aro, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, pada 2019 siap mengalokasikan Rp5,5 miliar untuk mendukung kemajuan Akademi Komunitas di daerah itu.

"Dana Rp5,5 miliar ini akan dipergunakan untuk pembangunan gedung Rp1 miliar dan Rp4,5 miliar untuk hotmix jalan menuju Akademi Komunitas akses ke kampus itu agar lebih mudah," kata Wakil Bupati Solok Selatan Abdul Rahman di Padang Aro, Senin.

Menurutnya kesuksesan seseorang tidak ditentukan darimana almamaternya, tetapi tergantung kompetensinya.

"Di Akademi Komunitas dosennya sangatlah kompeten, sehingga saya percaya lulusannya pun mampu bersaing dengan yang lain didunia kerja," ujarnya.

Sebenarnya, sebutnya pemerintah lebih memilih menjadi Politeknik daripada Akademi Komunitas, namun untuk itu perlu menunggu keputusan dari pusat.

"Dengan status Politeknik kita bisa membuka program Diploma tiga (DIII) dan bisa lebih leluasa membuka jurusan-jurusan sesuai dengan kebutuhan kita di daerah," katanya.

Mahasiswa Akademi Komunitas patut berbangga karena sudah berstatus sebagai mahasiswa Perguruan Tinggi negeri dan Akreditasinya juga sudah B.

Dia menambahkan, pemerintah daerah bersama Kementerian Tenaga Kerja tahun ini direncanakan mengirim 150 putra putri Solok Selatan bekerja ke Jepang dan 50 orang diantaranya dialokasikan untuk alumni Akademi Komunitas.

Direktur Politeknik Negeri Padang Surfa Yondri, mengatakan, lulusan Politeknik harus berpikir untuk masuk dunia kerja, bukan untuk menjadi Aparatur Negeri Sipil (ASN).

"Siapkan mental untuk bersaing di dunia usaha, Kalaupun ada lowongan menjadi ASN. Silahkan saja tetapi yang utama adalah masuk ke dunia kerja," ujarnya.

Sementara terkait niat wakil bupati agar menjadi Polteknik Negeri, dirinya menyambut baik.

"Semoga niat menjadikan Akademi Komunitas ini menjadi Politeknik Negeri dimudahkan," ujarnya.

"Apabila hari ini disetujui oleh Dikti, besok harinya langsung kampus ini saya serahkan pengelolaannya," tambahnya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar