Pengunjung Pasar Raya Padang segera bisa menikmati agrowisata

id agrowisata, padang

Pengunjung Pasar Raya Padang segera bisa menikmati agrowisata

Sayur hidroponik. (Antarasumbar/Noviaharlina)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Padang menggagas pusat agrowisata yang merupakan daerah tujuan wisata berbasis pertanian perkotaan berlokasi di Pasar Raya Padang.

"Saat ini konsepnya tengah digodok dan dipelajari oleh Wali Kota Padang bersama sejumlah pakar pertanian," kata Plh Dinas Pangan Padang Syahrial di Padang, Senin selaku salah seorang tim penggagas.

Menurutnya pengembangan agrowisata pertanian perkotaan Pasar Raya Padang memiliki fungsi dan manfaat ganda karena selain berfungsi sebagai pusat perdagangan, juga akan berfungsi sebagai pusat pelatihan dan informasi pertanian perkotaan guna peningkatan ketahanan dan keamanan pangan.

"Pusat Agrowisata Pasar Raya ini akan mempermudah produsen dan konsumen dalam mendapatkan hasil pertanian sehat dan segar seperti hidroponik," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Hidroponik Padang, Ferry K. Soelaiman menjelaskan salah satu tanaman unggulan yang akan mengisi pusat perdagangan agrowisata Pasar Raya Padang nantinya adalah hidroponik.

Ia menyampaikan Berbagai sayuran yang ditanam menggunakan media air tanpa tanah dijual dan akan ditampilkan proses penanaman dan perawatannya, sehingga konsumen juga dapat membeli bibit sembari belajar mengembangkan hidroponik.

"Selain membeli produk hidroponik, konsumen dapat membeli bibit sembari belajar hidroponik," kata dia.

Sementara mantan Kepala Dinas Pertanian Sumbar, Joni yang juga tim penggagas agrowisata menyampaikan pusat perdagangan agrowisata Pasar Raya Padang ini baru ada dan menjadi pertama di Indonesia.

Ia berharap Pemko Padang memberikan dukungan yang maksimal, baik dari segi anggaran maupun terkait regulasi dan kebijakan agar proyek ini terealisasi.

"Kita berharap mendapat dukungan maksimal Pemkot Padang agar terealisasi," katanya. (*)